188 Orang Terima Bantuan Operasi Katarak Gratis di RS Sartika Asih Bandung

Operasi katarak gratis oleh BCA dan SPBK/Ist
Operasi katarak gratis oleh BCA dan SPBK/Ist

Operasi katarak kembali digelar PT Bank Central Asia (BCA) bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perdami (SPBK) di RS Sartika Asih Bandung.


Bakti sosial berupa operasi katarak ini dilakukan BCA dan SPBK dalam rangka membantu masyarakat mencegah gangguan penglihatan, sehingga bisa beraktivitas secara normal.

Kepala BCA KCU Soekarno Hatta, Linda Yulia Tanti mengungkapkan, pihaknya terus berkomitmen hadir di sisi masyarakat dalam segala aspek, salah satunya di bidang kesehatan.

"Sejak tahun 2001, BCA ingin memberikan kontribusi pada penurunan jumlah kebutaan akibat penyakit katarak di Indonesia supaya terus berkurang dari waktu ke waktu," kata Linda dalam keterangannya, Selasa (21/6).

Menurutnya, mata adalah salah satu organ penting dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi yang sangat krusial.

Oleh karenanya, kata Linda, BCA secara konsisten melakukan operasi katarak bagi masyarakat, khususnya masyarakat yang ada di kawasan tak tersentuh layanan kesehatan dengan optimal.

Tak dipungkiri, BCA sejak 2021 telah melakukan kegiatan bakti sosial rutin operasi katarak hampir di seluruh wilayah Tanah Air.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak di RS Sartika Asih Bandung dibuka oleh Kepala Pengembangan Bisnis cabang BCA Soekarno Hatta, Praptomo Dwi Putro, Plt. Kepala Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung dr. Leony Widjaja, Koordinator Operasional SPBK Perdami, Dr. Faraby Martha, beserta segenap dari pengurus Perdami pusat dan Perdami Jawa Barat di Rumah Sakit Bhayangkara Sartika Asih Bandung, Kota Bandung, Minggu (19/6).

Operasi katarak tersebut diselenggarakan selama dua hari berturut-turut, yakni pada 18 Juni dan 19 Juni 2022.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB), pada 2014 hingga 2016 oleh Perdami dan Badan Litbangkes Kemenkes menunjukan bahwa angka kebutaan di Indonesia mencapai 3% dan sebanyak 81% disebabkan oleh katarak. Mencermati angka itu, tentunya telah menjadi tanggung jawab berbagai pihak untuk bersama mencegah terjadinya kebutaan akibat katarak.

EVP CSR BCA Inge Setiawati mengatakan, mengurangi jumlah pasien buta akibat katarak merupakan pekerjaan rumah seluruh pihak, tak terkecuali BCA. Oleh sebab itu, BCA bekerja sama dengan Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami) sejak 2001 dan sejak 2017 dengan Kick Andy Foundation untuk mengadakan operasi katarak secara berkelanjutan.

Kegiatan bakti sosial operasi katarak tersebut dilakukan secara gratis.

"Untuk kegiatan bakti sosial operasi katarak di RS Bhayangkara Sartika Asih Bandung ini, kami perkirakan bisa dilakukan tindakan sekitar 188 operasi gratis kepada masyarakat. Harapan kami, BCA dapat terus menjangkau wilayah-wilayah yang masyarakatnya membutuhkan pertolongan dalam rangka mengurangi jumlah kebutaan akibat katarak,” tutup Inge.