Ade Yasin Sampaikan Apresiasi Setinggi-Tingginya Kepada Para Guru Kabupaten Bogor

Ade Yasin/RMOLJabar
Ade Yasin/RMOLJabar

Para guru layak mendapatkan penghargaan yang setinggi-tingginya karena telah berkontribusi besar dalam upaya memberikan layanan pendidikan yang merata dan berkualitas di Kabupaten Bogor.


Demikian disampaikannya Bupati Bogor, Ade Yasin, pada Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional, di Auditorium Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor, Cibinong, Kamis (25/11).

"Kami Pemerintah Kabupaten Bogor menyadari tantangan berat yang dihadapi dunia pendidikan saat ini, yakni tantangan meningkatkan kualitas generasi penerus bangsa ditentukan oleh guru, terutama pada masa pandemi Covid-19 ini," kata Ade Yasin.

Ade mengungkapkan, sebagai bentuk penghargaan Pemkab Bogor terhadap guru, kami memperjuangkan proses penetapan guru honorer untuk diangkat sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K). Terdapat 10.082 guru honorer, yang telah lulus P3K 2019 sebanyak 1.112 dan lulus P3K tahun 2021 sebanyak 1.319 dengan alokasi anggaran sebesar 96 milyar.

"Ini adalah wujud komitmen keberpihakan dan kepedulian Pemkab Bogor terhadap tenaga pendidik khususnya guru honorer yang sudah lama mengabdi mencurahkan tenaga dan pikirannya demi pembangunan pendidikan Kabupaten Bogor," ujar Ade.

Disamping itu, lanjut Ade, Pemkab Bogor juga memberikan insentif bagi 8.447 orang tenaga pendidik guru dan 1.635 orang tenaga kependidikan honorer, pada jenjang PAUD, SD, dan SMP, dan program lainnya dalam Karsa Bogor Cerdas.  

"Termasuk guru madrasah, karena urusan pendidikan tidak hanya urusan umum, di dunia pendidikan juga ada guru agama, sehingga kita berusaha bagaimana kita bisa memberikan pelayanan sebaik-baiknya untuk para pendidik," ungkapnya.

Lebih lanjut, Politisi PPP ini menyampaikan harapannya, semoga PGRI dapat terus bergerak, mengabdi, dan memperbarui diri agar senantiasa adaptif dan responsif terhadap perubahan jaman, dan meningkatkan kolaborasi aktif dengan organisasi pendidik lainnya seperti Himpaudi dan PGTK.

"Saya berharap tentunya hal tersebut demi kemajuan pendidikan khususnya di Kabupaten Bogor, tercapainya Karsa Bogor Cerdas, serta terwujudnya visi Kabupaten Bogor termaju, nyaman dan berkeadaban," pungkas Ade Yasin.