Agar Bermanfaat Bagi Masyarakat, Pemkab Cirebon Perlu Berkoordinasi Dalam Konservasi Kura-kura Belawa

Kura-kura Belawa/RMOLJabar
Kura-kura Belawa/RMOLJabar

Koordinasi untuk menjaga keberlangsungan hidup Kura-kura Belawa yang merupakan satwa endemik Cirebon perlu dilakukan Pemda setempat dengan Pemprov Jabar dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), agar memberikan multiplayer efek bagi masyarakat.


Demikian dikatakan Kepala Balai Besar Riset Sosial Kelautan dan Perikanan (KKP RI), Dr Rudi Alex Wahyudin, ditemui di kawasan Wisata Konservasi dan Edukasi Kura-kura Belawa Cirebon, Sabtu (17/10) 

Ia menilai Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) sudah cukup baik dalam melestarikan hewan tersebut. Akan tetapi melihat kondisi paska penetasan telur sebesar 70 persen masih ada kendala pada pendederan Kura-kura Belawa kecil karena minim media kolam yang memadai.

“Pintu Kementerian Kelautan dan Perikanan sangat terbuka pada setiap Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota dalam bekerjasama untuk menggali potensi ekonomi setempat," ujar Rudi.

Rudi berharap, pengelolaan kawasan konservasi dan edukasi Kura-kura Belawa Cirebon dapat terus dikembangkan secara terintegrasi oleh komunitas atau Pokmaswas dan Pemkab Cirebon bekerjasama dengan Provinsi dan KKP. 

“Kami melihat perlu dikoordinasikan lebih lanjut oleh Pemerintah Daerah agar multiplayer efek terhadap ekonomi masyarakat melalui ekonomi kreatif lebih berkembang dalam sektor pariwisatanya," ujar Rudi.