AHY Ajak Seluruh Elemen Hindari Politik Identitas Pada Pemilu 2024

Agus Harimurti Yudhoyono/Net
Agus Harimurti Yudhoyono/Net

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengimbau seluruh elemen, baik di pemerintahan maupun masyarakat untuk mencegah dan menghadiri politik identitas.


“Politik identitas itu, bukan sesuatu yang baru, tetapi kalau dieksploitasi secara berlebihan, maka hanya akan menyisakan polarisasi dan juga konflik yang berkepanjangan. Ini harus kita cegah,” kata AHY di Jakarta, seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (22/11).

AHY kemudian menyinggung pengalaman buruk yang terjadi pada Pemilu 2019 jangan sampai terjadi lagi, dan menegaskan Demokrat tidak boleh menggunakan politik identitas hanya untuk kemenangan sesaat.

“Ada yang menamakan dirinya Pancasilais, ada yang menggunakan agama. Ini tidak boleh lagi terjadi, bukankah Indonesia ini milik semua dan semua itu dijamin di negeri kita? Jadi saya berharap dan kita semua harus memperjuangkan agar tidak terjadi lagi polarisasi. Demokrat keras menegaskan bahwa tidak boleh untuk kemenangan sesaat kita menggunakan politik identitas,” terang AHY.

Selain itu AHY juga menegaskan bahwa yang harus diantisipasi pada saat pemilu bukan hanya vote buying, tetapi juga para pemodal besar yang berkoalisi dan seolah bisa mengatur jalannya pemilu.

“Selain vote buying, kita juga harus mengantisipasi adanya pemodal-pemodal besar yang berkoalisi, kemudian seolah-olah bisa mengatur jalannya pemilu. Ini juga harus diantisipasi, karena tidak boleh ada money power, money talks, yang kemudian seolah-olah ada kekuatan-kekuatan yang dipersiapkan,” tegas AHY.

Ditanya mengenai kesiapan untuk menang atau kalah di Pemilu 2024, AHY menjawab bahwa kontestasi politik jangan dianggap sebuah zero sum game.

“Bahwa mudah-mudahan kontestasi politik itu tidak dianggap sebagai sebuah zero sum game: menang/kalah,berkuasa/hancur. Kalau itu yang menjadi mindset kita, maka sulit untuk menerima kekalahan dan sulit untuk menjadi rendah hati ketika menang. Bagi saya, yang terpenting kita bisa terus berkontribusi dan berperan,” demikian AHY.

Turut hadir dalam acara, Aburizal Bakrie, Dirut TvOne Ahmad Rahadian Widarmana, Dirut ANTV Zulfikar Said, Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, Menko Polhukam Mahfud MD, Menkominfo Jhonny G Plate, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartato, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Waketum Gerindra Habiburokhman.