Airlangga Hartarto: Indonesia Tunjukan Tren Positif Dari Segi Pertumbuhan Ekonomi

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto/Repro
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto/Repro

Pandemi Covid-19 memberikan dampak dari berbagai sisi kehidupan terutama dari sisi kesehatan dan ekonomi. Hampir seluruh negara di dunia mengalami kontraksi perkembangan ekonomi pada tahun 2020.


Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, jika dibandingkan dengan berbagai negara Indonesia mengalami tren positif dari -5,32 persen menjadi -3,49 pesen. Terlebih kini tren tersebut mengalami peningkatan menjadi -2,19 dan secara Year on Year (YoY) sebesar -2,07 persen.

"Jika dilihat secara spasial pertumbuhan perekonomian di wilayah Sulawesi dan Maluku mengalami tren positif di angka 0,23 persen," kata Airlangga, Selasa (23/2).

Sementara itu pertumbuhan perekonomian di wilayah Sumatra -1,19 persen, Kalimantan -2,27 persen yang notabene yang berbasis perkebunan lebih kurang terkontraksi dibandingkan wilayah manufaktur seperti di Jawa -2,51 persen. Menurutnya, hal tersebut mengalami perbaikan dikarenakan terjadinya kenaikan harga antara lain di infokom, kesehatan, kegiatan sosial, pertanian, dan pendidikan.

Airlangga menjelaskan, pemerintah menganggarkan Rp 699,01 triliun untuk menangani pandemi Covid-19 di tahun 2021. Alokasi tersebut menunjukkan bahwa pemerintah terus melihat di tahun 2021 pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi berjalan beriringan.

"Pemerintah mendorong perlindungan sosial sebagai jaminan pengaman masyarakat," jelasnya.

Pada tahun 2021 pemerintah meningkatkan dana kesehatan dan masih menjadi prioritas utama. Anggaran kesehatan pada tahun 2021 mencapai angka Rp 176,30 triliun dari sebelumnya Rp 63,51 triliun. 

"Program untuk mendukung UMKM dan korporasi mencapai angka Rp 190,31 triliun dari sebelumnya Rp 173,17 triliun," ucapnya.

Di samping itu, Airlangga Hartarto berterima kasih dan memberikan apresiasi kepada IKA Unpad yang bekerja sama dengan Islamic Chamber or Commerce, Industry, and Agriculture (ICCIA) yang telah menyelenggarakan diskusi bertajuk International Conference Tackling The Covid-19 Pandemic: Health, Economics, Diplomacy, and Social Perspectives.