Antisipasi Corona, ITB Imbau Civitas Akademika Tangguhkan Perjalanan Ke Luar Negeri

Untuk menghindari serta mengantisipasi penyebaran Corona (COVID-19), Pimpinan Institut Teknologi Bandung (ITB) mengeluarkan beberapa imbauan kepada seluruh civitas academica dan tenaga kependidikan (warga kampus) ITB.


"Untuk keperluan yang dapat ditunda, agar menangguhkan perjalanan ke negara-negara terdampak COVID-19," kata Sekretaris ITB Widjaja Martokusumo, dalam keterangan resminya, Senin (2/3).

Untuk perjalanan luar negeri yang sifatnya penting dan tidak dapat ditunda, warga kampus ITB harus meminta persetujuan pimpinan unit kerja, dengan tembusan kepada Wakil Rektor Bidang Sumber Daya (WRSD) ITB.

"Bagi yang diberikan izin, mohon untuk mengikuti prosedur kesehatan berdasarkan ketentuan Pemerintah Republik Indonesia dan otoritas kesehatan setempat," ujar Widjaja.

Selain itu untuk sementara waktu, ITB menangguhkan kunjungan tamu dari negara-negara terdampak COVID-19 ke lingkungan ITB sampai batas waktu yang belum ditemukan.

"Untuk kegiatan yang tidak bisa ditangguhkan, imbauan ini dapat ditinjau melalui mekanisme koordinasi dengan WRSD," tambahnya.

Lebih lanjut, ia mengimbau bagi warga kampus ITB yang baru saja kembali dari perjalanan ke luar negeri terutama China, Korea, Jepang, Singapura, Australia, Malaysia, Vietnam, Thailand, India, Amerika Serikat, Kanada, Italia, Jerman, Perancis, Inggris, Iran, Uni Emirat Arab, Bahrain, Kuwait, dan Belanda, diharapkan membatasi interaksi (self Isolated) dengan warga kampus ITB lainnya maupun anggota keluarga/rumah tangga selama 14 hari sejak kepulangan ke Indonesia.

Jika dalam masa 14 hari warga kampus ITB yang bersangkutan mengalami demam, batuk, pilek, sesak dan lainnya, mohon untuk segera memeriksakan diri ke Klinik Utama Bumi Medika Ganesa (BMG) ITB/Klinik Pratama ITB dan mengirimkan hasil check up ke WRSD.

"Bagi warga kampus ITB yang melakukan perjalanan ke luar negeri dalam kurun waktu satu bulan terakhir, untuk segera melaporkan kedatangannya kepada pimpinan unit kerja," pungkasnya.