Bagian dari Pilar Demokrasi, Media Berperan dalam Penegakan Supermasi Hukum

Dialog peran media online/Ist
Dialog peran media online/Ist

Media online atau daring menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembangunan di negeri ini. Salah satunya dalam mewujudkan hukum sebagai panglima.


Hal tersebut disampaikan Praktisi Hukum Cirebon, Furqon Nurzaman saat menghadiri dialog bertajuk Peran Media Online dalam Mengawal Supremasi Hukum di Kantor Hukum Qorib Magelung Sakti (QMS) Cirebon, Sabtu (13/8).

"Media pun sudah mengalami perubahan dan mengikuti perkembangan zaman. Dengan bertransformasi menjadi media online. Media sangat berperan mengawal tegaknya hukum di negeri ini," kata Furqon, Sabtu (13/8).

Menurut sosok yang banyak didorong untuk maju sebagai calon wali kota (Cawalkot) Cirebon tersebut, informasi yang sehat menjadi tanggung jawab jurnalisme. Sebab, peran yang paling dominan dalam supremasi hukum adalah media.

"Kita sering mendengarkan dalam konteks penegakan hukum melalui media. Media adalah bagian dari pilar demokrasi. Sehingga, dapat mengawal kasus hukum sampai terang temerang informasi yang sampai ke masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Cirebon, Muslimin menjelaskan peran media dalam penegakan supermasi hukum sangatlah penting. Namun tetap tidak bisa lepas dari kode etik jurnalistik, supaya pemberitaan layak untuk disajikan.

"Peran media sangat besar bagi masyarakat, media juga harus punya tanggung jawaban yang besar. Di negara berkembang, peran media secara jujur belum maksimal, karena media dipengaruhi banyak faktor, dan mempunyai kebijakan sendiri, sehingga membuat narasi tertentu," paparnya.

Di tempat sama, Praktisi hukum Cirebon, Qorib Magelung Sakti menjelaskan ngorobol santai bareng Kantor Hukum QMS, dalam rangka hari jadi QMS Law ke 1.

"Kami ucapakan terima kasih atas terselenggaranya dialog peran media online di hari jadi QMS yang pertama, bersama IWO Cirebon dan calon Wali Kota Cirebon, Furqon," pungkasnya.