Banteng Purwakarta Jaga Bantaran Sungai Citarum

Upaya menjaga kelestarian Sungai Citarum tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah semata. Peran serta seluruh elemen masyarakat di sekitar daerah aliran sungai juga sangat diperlukan.


 

Upaya tersebut juga dilakukan jajaran Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPC PDIP) Kabupaten Purwakarta.

Sebanyak 600 pohon ditanam oleh Kader Banteng yang dipimpin oleh Sutisna itu di bantaran Sungai Citarum. Tepatnya di sekitar Kampung Talibaju, Desa Cikao Bandung, Kecamatan Jatiluhur, Purwakarta, Minggu (2/2).

"Bakti sosial dan penanaman pohon ini juga menjadi puncak rangkaian hari ulang tahun partai ke 47 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia," ujar Ketua DPC PDIP Purwakarta, Sutisna kepada awak media.

Menurutnya, sejalan dengan instruksi DPP PDIP. Bahwa terdapat 10 kabupaten dan kota di Jawa Barat yang berada di bantaran Sungai Citarum, dan para kader PDIP di kabupaten dan kota tersebut harus berperan serta menjaga kelestarian Sungai Citarum.

"Purwakarta termasuk salah satunya, kita diinstruksikan oleh DPP PDIP untuk ikut melastarikan sungai termasuk di dalamnya menanam pohon di daerah-daerah atau lahan-lahan yang kritis," kata Kang Tisna, begitu ia kerap disapa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Purwakarta, Iyus Permana yang hadir pada agenda tersebut dalam sambutannya mengatakan, atas nama Pemkab Purwakarta mengapresiasikan  kegiatan penanaman pohon dan bakti sosial yang dilaksanakan DPC PDIP Kabupaten Purwakarta.

"Untuk pemeliharaan ratusan pohon yang telah ditanam ini, kita instruksikan aparatur desa, RT dan RW untuk menjaga dan memelihara dan menjaganya," demikian Iyus.