Bantu Evakuasi Pasca Gempa Cianjur, Dua Drone Canggih Diterjunkan Aria

Aria menerjunkan dua drone untuk evakuasi di Cianjur/Ist
Aria menerjunkan dua drone untuk evakuasi di Cianjur/Ist

Gempa dengan Magnitudo 5,6 di Kabupaten Cianjur telah menelan banyak korban. Tercatat ratusan korban jiwa, ribuan korban luka-luka dan masih terdapat orang hilang akibat dahasyatnya gempa di Cianjur.


Maka dari itu, Aria Indonesia sebagai perusahaan berbasis Agri-tech menurunkan bantuan berupa layanan drone mapping dengan dua jenis berbeda untuk membantu proses evakuasi korban gempa Cianjur.

Drone mapping yang diturunkan berfungsi untuk melakukan pemetaan sebagai langkah awal melihat seluruh topografi area yang terdampak bencana termasuk tingkat elevasi kontur. Sementara drone kedua yang digunakan Aria bermerek (autel evo II Pro) sudah terpasang fitur kamera thermal yang berfungsi untuk mendeteksi suhu suatu objek.

“Kami membantu tim evakuasi gempa Cianjur dengan memberikan rekomendasi jalur evakuasi, mencari korban, dan membantu para stakeholder terdampak untuk mengidentifikasi dampak gempa," kata Head of Government Relation Aria, Gusti Raganata dalam keterangannya, Selasa (29/11).

Menurut Gusti, hasil dari pemetaan drone mapping dijadikan sebagai acuan untuk jenis kendaraan yang bisa masuk ke area terdampak. Kemudian hasil pemetaan drone mapping juga mampu menganalisa jalur pencarian dan evakuasi secara cepat.

"Untuk drone berkamera thermal dapat merekam dan mendeteksi pergerakan dan keberadaan korban terutama apabila berada di bawah puing sehingga proses pencarian menjadi efektif," ujarnya.

Selain memberikan bantuan layanan drone, Aria turut membantu korban di pengungsian dengan mengirimkan sejumlah sembako dan selimut untuk menunjang kebutuhan primer para pengungsi bencana. 

“Pencarian dan bantuan pengoperasian drone kami lakukan seharian. Semoga dengan bantuan yang kami berikan dapat bermanfaat untuk proses evakuasi dan keberlangsungan hidup para pengungsi di Cianjur,” tutup Gusti.