Bantu Masyarakat Terdampak Banjir, Kodim 0604 Karawang Terjunkan 1 SSK Personel

Satu SSK atau seratus personel TNI Kodim 0604 Karawang diterjunkan untuk menyisir masyarakat terdampak banjir. Mereka ditugaskan membantu membersihkan saluran air yang tersumbat sampah sisa banjir di Kabupaten Karawang.


 

Dengan membawa sejumlah alat berat, mereka juga diterjunkan untuk menormalisasi sungai di sekitar area banjir yang dipenuhi sampah, termasuk eceng gondok. Sebab, sampah-sampah tersebut telah menghambat jalannya air.

"Kami diterjunkan ke sejumlah wilayah banjir seperti Kecamatan Cilamaya, Rengasdengklok, Jatisari, dan Telukjambe Barat untuk membantu warga yang terkena musibah banjir. Anggota TNI bertugas membersihkan saluran, normalisasi sungai," ungkap Dandim 0604 Karawang, Letkol (Inf) Medi Haryo Wibowo, Jumat (10/01).

Medi menyatakan, pihaknya siap diterjunkan di wilayah manapun di Kabupaten Karawang untuk membantu masyarakat terdampak banjir. Dengan demikian, aparat keamanan, baik dari TNI dan kepolisian diharapkan bisa meringankan beban masyarakat.

"TNI bersama Polres dan Pemkab Karawang akan bahu membahu menolong masyarakat dari musibah banjir. Kami selalu menjalin komunikasi dengan unsur Muspida Karawang mengatasi persoalan banjir ini." ujarnya.

Namun demikian, dirinya juga mengimbau masyarakat agar selalu memerhatikan kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing. Terlebih, setelah banjir terjadi biasanya akan rentan terhadap serangan penyakit.

"Jangan pernah berhenti membersihkan lingkungan karena musim hujan masih panjang. Begitu banjir surut segera bersihkan lingkungan, walaupun mungkin banjir belum akan selesai," pungkasnya.