Bantuan Untuk Seniman Tak Merata, LAK Galuh Pakuan: Seperti Ledekan Bagi Pelaku Seni Lain

Sebanyak 50 seniman tradisional asal Subang mendapatkan bantuan Sembako dari Pengurus Jabar Bergerak (PJB). Bantuan tersebut diserahkan di Aula Rumah Dinas Bupati Subang, Rabu (29/7).


Ketua Jabar Bergerak Kabupaten Subang, Yoyoh Ruhimat melalui wakil ketua PJB Suparman berharap bantuan sembako yang diberikan bisa meringankan beban kehidupan seniman tradisional yang ada di kabupaten Subang.

“Mudah-mudahan dapat membantu dari sisi sandang dan pangan para seniman di Subang, sampai saat ini kan seniman ini masih dalam suasana covid-19, sehingga gelaran acara seni masih dibatasi” ujar Suparman.

Terpisah, Patih Agung Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan, Abah Renggo yang juga tokoh seni tradisional di Subang mengaku, pihaknya tidak mendapatkan bantuan apapun. Padahal pelaku seni tradisional maupun modern di Subang ribuan.

“Ini seperti ledekan kepada pelaku seni tradisional yang lain, jika yang diberi bantuan hanya 50 Seniman, karena di Subang ini pelaku seni tradisional ribuan jumlahnya” ujar Abah Renggo.

Mungkin itu bantuan yang lain, Lanjut Abah Renggo, tetapi sampai saat ini bantuan kepada pelaku seni tradisonal di Subang dari Jabar maupun dari kabupaten masih belum ada.

“Jika memang ada bantuan jangan hanya diberikan kepada 50 orang pelaku seni tradisional, semua pelaku seni terdampak pandemi harus mendapatkan hak yang sama, kalo seperti itu akan menjadi permasalahan” tambahnya.

Masih kata Abah Renggo, sebagai pelaku seni yang pendapatannya itu murni dari hasil gelaran seni yang terselenggara, dimasa pandemi seperti ini penghasilan dari gelaran seni nol persen.