BBWS Cimanuk Cisanggarung Perbaiki Retaining Wall Saluran Air Induk Yang Rusak

Perbaikan Retaining Wall Saluran Induk/RMOLJabar
Perbaikan Retaining Wall Saluran Induk/RMOLJabar

BBWS Cimanuk Cisanggarung sedang memperbaiki dinding penahan tanah (retaining wall) pada saluran induk Sindupraja di Desa Tersana Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu.


Demikian dikatakan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk Cisanggarung, Ismail Widadi pada Kantor Berita RMOLJabar saat ditemui di Tersana Indramayu. Sabtu (12/6).

Menurut Ismail, pasangan batu pada linning saluran air sepanjang tiga meter rusak  akibat tergerus oleh aliran air.

 “Hari ini Tim SIGAB BBWS Cimanuk Cisanggarung langsung turun ke lokasi kejadian dengan mengerahkan 2 alat berat untuk mengeringkan titik jebolan dengan memasang jumbo bag,” katanya.

Ismail memperkirakan perbaikan dinding penahan tanah (retaining wall) dengan beton akan memakan waktu sampai 10 hari. Jika kerusakan pada saluran induk Sindupraja sudah diperbaikai maka lahan pertanian yang berada di delapan kecamatan bisa menerima pasokan air irigasi dari Bendung Rentang.

“Kami pastikan lahan pertanian di 8 Kecamatan yaitu Kedokanbunder, Karangampel. Juntiyuat, Jatibarang, Indramayu, Sliyeg, Balongan dan Kerangkeng tanaman padi di sawahnya tetap bisa mendapatkan pasokan air irigasi dari Bendung Rentang,” tutupnya.