Besok, 7 Daerah Di Jabar Mulai Lakukan Vaksinasi Covid-19

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Repro
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil/Repro

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah siap menggelar vaksinasi Covid-19 perdana yang akan di gelar pada Kamis (14/1) besok di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung.


Gubernur Jabar, Ridwan Kamil mengatakan, vaksinasi Covid-19 perdana ini akan diikuti oleh tujuh kabupaten/kota, yakni Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Bekasi, Bogor, Depok, dan Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

"Sesuai jadwal di esok hari, maka Jawa Barat akan mulai proses vaksinasi pertama tahap 1 adalah tim provinsi dilaksanakan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS)," ucap Emil, sapaan akrabnya, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (13/1).

Menurutnya, ke tujuh daerah tersebur dipilih karena sesuai daftar kiriman dari pemerintah pusat.

"Nanti setelah tujuh daerah ini sisanya seluruh daerah di Jabar baru akan mulai di tahap II karena akan dievaluasi dulu agar jadi pembelajaran untuk daerah lain," katanya.

Kendati demikian, khusus untuk Kota Bekasi karena besok baru dimulai pemeriksaan kesehatan untuk kepala daerahnya sehingga wilayah tersebut disarankan melakukan vaksinasi di hari Jumat.

“Jadi ada enam daerah yang bergabung besok dengan provinsi dan Kota Bekasi di hari Jumat,” ungkapnya.

Emil mengatakan, di lingkungan Pemprov Jabar sendiri, orang pertama yang akan divaksin adalah Wakil Gubernur Jabar, Uu Ruzhanul Ulum.

"Wakil gubernur, Kapolda dan tokoh tokoh masyarakat itu akan di suntik pertama," ujarnya.

Ia menyebut, jika vaksinasi tidak dilakukan kepada para penyintas Covid-19, termasuk para kepala daerah yang pernah dinyatakan positif.

“Karena itu Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung tidak akan divaksinasi karena beliau berdua survivor Covid-19. Kemudian Wali Kota Bogor, Kota Depok juga sama, KBB juga baru saya dengar kabar sedang Covid jadi rata-rata tidak. Biasanya oleh Sekda, jadi Kota Bandung oleh Sekda dan Depok oleh Wakil Wali Kota,” tandasnya.