BPBD Khawatir Ada Longsor Susulan Di Bantaran Sungai Cimanis

Kondisi longsor jembatan penghubung Sungai Cimanis/RMOLJabar
Kondisi longsor jembatan penghubung Sungai Cimanis/RMOLJabar

Longsor akibat hujan deras mengakibatkan terkikisnya tanah sekitar jembatan Sungai Cimanis penghubung Desa Karangmangu, Desa Kaligawe dan Desa Kaligawe Wetan Kecamatan Susukanlebak, Kabupaten Cirebon.


Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cirebon, Alex Suheriayawan mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari pihak Muspika pada Rabu, 13 Januari 2021 Pukul 11.00 WIB kemarin.  Lokasinya berada di RT/RW 17/006 Dusun 2 Desa Susukan Agung, Kecamatan Susukanlebak. 

"Kami dari BPBD melakukan assesment dan berkoordinasi dengan aparat desa dan kecamatan setempat," ujarnya, Kamis (14/1).

Menurut Alex, longsoran tanah di bibir Sungai Cimanis berada di bagian pondasi sebelah barat dengan lebar x Panjang 12x12m dan dikhwawatirkan akan terjadi longsor susulan yang mengancam beberapa rumah di sekitar jembatan yang terkikis aliran Sungai Cimanis. 

"Kebutuhan mendesak pembutan bronjong untuk menahan tembok penahan tanah (TPT) jembatan yang terkikis aliran Sungai Cimanis," demikian Alex.