Bu Sukma, PKI Bukan Hanya Bertentangan Dengan Sila Pertama

Bu Sukma, PKI Bukan Hanya Bertentangan Dengan Sila Pertama
Mardani Ali Sera/Net

Partai Komunis Indonesia (PKI) sangat bertentangan dengan Pancasila. Terutama soal asas Ketuhanan Yang Maha Esa sebagaimana termaktub dalam sila pertama Pancasila.


Reaksi itu disampaikan Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera terkait pernyataan putri Presiden pertama RI Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri yang menyebut Partai Komunis Indonesia (PKI) dulu menganut Pancasila.

"PKI bertentangan dengan Pancasila. Bu Sukma mungkin mendapat penjelasan dari beberapa orang," tegas Mardani Ali Sera seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (1/10).

Bahkan menurut Mardani, PKI bukan hanya bertentangan dengan sila pertama, tetapi PKI juga bertentangan sila-sila lainnya di Pancasila. Hal itu tercatat dalam sejarah di mana setiap pergerakan yang dilakukan PKI.

"Bukan hanya asas Ketuhanan Yang Maha Esa tapi juga cara pergerakannya yang bertentangan dengan sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab," tegasnya.

"Dalam sejarahnya PKI jelas melakukan banyak kebijakan yang menyusahkan rakyat dan negara," demikian Mardani Ali Sera.

Sukmawati Soekarnoputri sempat mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang dia terima dari tokoh Partai Nasional Indonesia (PNI) bahwa Partai Komunis Indonesia (PKI) tidak menolak ideologi Pancasila. Bahkan, dia menyebut PKI dulu juga menganut ideologi Pancasila.

"Menurut senior tokoh PNI yang memberikan info atau ilmu, mereka mengatakan PKI tak menolak Pancasila. PKI ideologi apa sih? Ideologinya Pancasila. Itu dari tokoh senior yang sudah tak ada. Jadi kenapa jadi masalah," ujarnya dalam acara Indonesia Lawyers Club (ILC) di salah satu televisi swasta nasional, Selasa (29/9) malam.