Bupati Cirebon Berharap E-Sports Wadah Bagi Anak-anak Muda Pecinta Game Untuk Berprestasi

E-Sports Kabupaten Cirebon/RMOLJabar
E-Sports Kabupaten Cirebon/RMOLJabar

Melalui pembentukan cabang olahraga E-Sports di daerah, diharapkan para pengurus dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dan menjadikan E-Sports memberikan dampak ekonomi daerah dan tanah air.


Begitu dikatakan Bupati Cirebon, Imron Rosyadi usai menghadiri pengukuhan pengurus E-Sports di Gedung Setda Kabupaten Cirebon, Senin (28/9).

Imron mengapresiasi terbentuknya pengurus E-Sports di Kabupaten Cirebon, dirinya berharap di cabang olahraga baru ini atlet yang kebanyakan dari kalangan anak muda dapat berprestasi dan membanggakan Cirebon.

"Kami harapan lahir atlet muda yang berprestasi dan membanggakan Cirebon," ujarnya.

Terpisah, Ketua Umum KONI Kabupaten Cirebon, Hengky Choernia mengatakan Cabor E-Sports dapat mewadahi anak-anak muda cirebon untuk terus berprestasi secara positif dan mematahkan anggapan negatif sebagian orang yang menyebut bermain game tidak bermanfaat.

"Saat ini terdapat hampir 60 juta pemain E-Sports di Indonesia dan angka itu akan terus bertambah menjadi 100 juta pemain pada akhir 2020, serta industri game E-Sports telah menyumbangkan ekonomi cukup besar yakni 13 triliun rupiah pada tahun 2018," ujarnya.

Usai Pelantikan turut digelar final turnamen eksebisi cirebon katon game mobile legends, antara tim lag squad dan exev musashi yang menjadi juara dalam even pertama dengan nilai total price 3 juta rupiah tersebut yakni tim lag squad dari buntet astanajapura.

Di Jawa Barat saat ini sudah dikukuhkan 9 pengurus cabang kota-kabupaten, serta akan terus dikejar pembentukannya di seluruh daerah di Jawa Barat.

Perlu diketahui E-Sports Kabupaten Cirebon diketuai Eka Surya, Kota Cirebon diketuai Angga Fran Amigo Nugraha, Kabupaten Indramayu diketuai Abdullah Irlan dan Kabupaten Majalengka diketaui Dadan Fauzan.