Bupati Cirebon: Perda Pemdes Dan BPD Atur Penerapan Prokes Di Pemilihan Kuwu

Ilustrasi/Net
Ilustrasi/Net

Pelaksanaan Pemilihan Kuwu atau pemilihan kepala desa di masa Pandemi Covid-19 sudah diatur dalam Perda Tentang Pemerintahan Desa Dan Badan Permusyawaratan Desa yang baru di sahkan oleh DPRD.


Bupati Cirebon, Imron,  menjelaskan bahwa salah satu poin penting dari Perda tersebut adalah penerapan protokol kesehatan dalam penyelengaraan pemilihan kuwu serentak.

"Jadi pandemi ini mengubah segalanya baik panitia maupun anggarannya. Sehingga dalam pelaksanaannya harus sesuai dengan protokol kesehatan (prokes)," katanya.

Menurut Imron, melalui Perda baru tersebut panitia pemilihan diharuskan mengatur pelaksanaan pemilihan kuwu tak menimbulkan kerumunan. Jadi panitia pemilihan nantinya akan melakukan peringatan kepada calon kuwu sebelum dan sesudah pelaksanaan pilwu.

“Misalkan adanya pelanggaran prokes dengan sanksi diskualifikasi belum kita lakukan. Tetapi sanksi administratif tetap ada serta sanksi hukum akan kita lakukan," tutupnya.

Sebelumnya, diberitakan DPRD Kabupaten Cirebon telah mengesahkan sejumlah Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna.