Bupati Karawang: Keluarga Karyawan PKC Yang Dinyatakan Positif Covid-19 Sudah Diisolasi

Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana/Net
Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana/Net

Bupati Kabupaten Karawang Cellica Nurrachadiana melakukan inspeksi mendadak ke PT Pupuk Kujang Cikampek (PKC) terkait adanya 17 karyawan yang terkonfirmasi positif Covid-19.


Setelah berdialog bersama jajaran direksi PKC, Cellica mengatakan saat ini industri telah menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. 

"Hari ini ke Kujang, besok kami akan mengunjungi industri lainnya yang karyawannya terpapar Covid-19," kata Cellica, Kamis (17/9).

Sebelumnya GTPP Covid-19 Karawang telah menerima laporan ada kenaikan jumlah pasien Covid-19 yang berasal dari lingkungan pabrik PKC.

"Alhamdulillah, semua karyawan PKC dan keluarga karyawan yang dinyatakan postif Covid-19 sudah diisolasi. Demikian pula, protokol kesehatan bagi karyawan lainnya telah dilakukan secara ketat," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PKC, Maryadi menjelaskan, ditemukannya karyawan PKC positif Covid-19, berawal dari dilaksanakannya tes usap (swab) massal bagi 1200 karyawan.

Dari hasil tes swab itu ditemukan 17 karyawan yang positif Covid-19. Kemudian setelah dilakukan tracing ditemukan 5 orang dari keluarga karyawan yang juga positif.

Dia menegaskan, kendati ditemukan belasan karyawan yang positif Covid-19 tidak mengganggu aktivitas produksi. Sebab, setelah itu, semua bagian di PKC memberlakukan protokol kesehatan secara super ketat.

"Karyawan wajib menggunakan APD. Dan semua tamu yang masuk ke lingkungan pabrik wajib menunjukan hasil tes rapid atau swab," pungkasnya.