Bupati Kuningan Apresiasi Program TMMD, Masyarakat Harus Jaga Dan Pelihara Hasil Pembangunan

Bupati Kuningan Acep Purnama/RMOLJabar
Bupati Kuningan Acep Purnama/RMOLJabar

Program TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 diapresiasi oleh Bupati Kuningan Acep Purnama, di Desa Jamberama Kecamatan Selajambe, Selasa (15/6). 


TMMD ke-111 itu mengusung tema 'TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri' dengan beberapa program baik Infrastruktur, Sosial, Kesehatan, Pendidikan dan lainnya. 

"Terimakasih kepada jajaran TNI atas program TMMD, tanpa kerja keras, semangat kesatuan dengan medan jalan yang cukup terjal," tutur Acep usai pelaksanaan pembukaan TMMD ke-111. 

Menurutnya, TNI sebagai bagian dari masyarakat mempunyai inisiatif untuk menumbuh kembangkan rasa kebersamaan dan kegotong royongan masyarakat yaitu melalui kegiatan TMMD. 

Ia berharap, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan swadaya dan seluruh potensi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembangunan.

"Kegiatan TMMD merupakan wujud nyata kebersamaan TNI dengan masyarakat karena melalui kegiatan ini, gotong royong partisipasi dan swadaya dari masyarakat dapat semakin ditingkatkan," ujarnya. 

TMMD, Acep menyampaikan merupakan program terpadu lintas sektor antara TNI dan kementerian baik pemerintahan pusat, pemerintah daerah maupun non pemerintah yang dilaksanakan bersama masyarakat guna meningkatkan akselerasi pembangunan pedesaan. 

Khususnya, lanjut Acep, di Daerah tertinggal terisolasi perbatasan daerah, dan kumuh jauh dari perkotaan serta daerah rawan terdampak bencana.

"TMMD ke-111, senantiasa berorientasi kepada program pembangunan pemerintah daerah dan masyarakat pedesaan di mana TNI akan ikut membantu pembangunan fisik maupun nonfisik," imbuhnya. 

"Hasil-hasil pembangunan, perlu kita jaga dan pelihara. Peran pemerintah Desa, lembaga kemasyarakat dan masyarakat sendiri sebagai pengguna sangatlah dibutuhkan sehingga infrastruktur yang dibangun dapat dipergunakan dalam waktu yang lama," tambahnya. 

Selain itu, pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat desa Jamberama Kecamatan Selajambe mampu memelihara hasil-hasil pembangunan melalui kegiatan TMMD.