Calon PPK Jalani CAT, Bawaslu Minta Masyarakat Proaktif Mengawasi

Koordinator Divisi Pencegahan Antar Lembaga (PHL) Bawaslu Jawa Barat, Zakie Hilmi mengaku belum menerima aduan masyarakat adanya kecurangan dalam CAT anggota PPK di Kabupaten Karawang.


 

Namun demikian, dirinya meminta masyarakat di Jawa barat proaktif dalam mengawasi proses perekrutan serta test anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang dilaksanakan KPU di wilayahnya masing-masing.

"Kami berharap masyarakat bisa proaktif dalam mengawasi perekrutan PPK ini. Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan agar menghasilkan PPK yang berkualitas," ujar Zakie, Kamis (30/01).

Zakie mengatakan, pihaknya bersama jajaran Panwascam Kabupaten Karawang pun tengah menelusuri rekam jejak para calon PPK. Apabila didapati keberpihakan yang merugikan atau menguntungkan salah seorang konstentan, dipastikan tidak akan lolos.

"Itu (keberpihakan) bagian yang tidak akan lolos, apabila ada indikasi yang menemukan tersebut Bawaslu akan melaporakan serta merekomendasikan ke KPU," ujarnya.

Menurutnya, persoalan tersebut kerap terjadi di beberapa daerah yang melaksanakan Pilkada, salah satunya Kabupaten Indramayu, di mana ada lima yang direkomendasikan ke KPU, tim sukses dan mantan Caleg.

Zakie menyatakan, pihaknya pun akan memberikan rekomendasi ke KPU Kabupaten Karawang bila ditemukan adanya indikasi di luar dari ketentuan yang bersih serta berintegritas.

"Saat ini kami belum memberikan rekomendasi secara tertulis kepada KPU Karawang terkait jejak rekam para calon PPK. Rekomendasi tertulis rencananya akan disampaikan usai tes CAT. Itu pun kalau ada, ya," pungkasnya.