Cegah Penumpukan Penonton Persib, Polda Jabar Siapkan 4 Ring Pengamanan 

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo/RMOLJabar
Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo/RMOLJabar

Persib Bandung versus Madura United akan terselenggara di stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) pada Sabtu (30/7). Berbagai persiapan dimatangkan, termasuk sistim pengamanan. 


Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan skema pengamanan. Ribuan Polisi disiapkan dengan di posisi strategis. Polisi membagi pengamanan dalam empat ring pengamanan termasuk menyaring penonton.

"Konsep pengaman kita lakukan pola sistem ring, jadi ada beberapa penyekatan dan barikade untuk meregulasi flow pengunjung yang datang," kata dia di Stadion GBLA, Kota Bandung, Jumat (29/7).

Ibrahim belum menyebut secara rinci titik dari tiap ring tersebut. Namun demikian, ring empat akan berada di sejumlah ruas jalan menuju stadion. Sementara itu, ring satu bakal berada tepat di sekitar stadion. 

"Pertama dari regulasi jalan (ring empat), ring ini akan meregulasi bagi yang tahap pertama apabila tidak punya tiket, akan langsung berjalan, dan tidak tinggal di tempat, otomatis yang punya tiket bisa masuk ke dalam," ungkap Ibrahim.

"Dan ring ketiga dan dua juga sama, kemudian di sini (ring satu) akan dilaksanakan pemeriksaan barcode dari tiket itu, otomatis pengamanan akan kita laksanakan," lanjut dia.

Diharapkan, dengan diberlakukannya konsep tersebut dapat mencegah terjadinya penumpukan. Diketahui, beberapa waktu lalu, dua bobotoh tewas ketika hendak menonton laga Persib di Stadion GBLA. Mereka diduga kehabisan napas karena berdesakkan ketika hendak masuk ke dalam stadion.

"Tujuan pengamanan ini adalah untuk tidak ada penumpukan sehingga nanti bisa tertib untuk masuk ke tempat pertandingan," pungkas Ibrahim.