Dalam Waktu Dekat Presiden Jokowi Akan Resmikan Bendungan Kuningan 

Bupati Kuningan Acep Purnama saat meninjau persiapan peresmian Bendungan/Ist
Bupati Kuningan Acep Purnama saat meninjau persiapan peresmian Bendungan/Ist

Bendungan Kuningan yang merupakan program pembangunan strategis Nasional akan segera diresmikan dalam waktu dekat oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). 


Dalam persiapannya, Bupati Kuningan Acep Purnama menyampaikan, bahwa pihaknya melakukan peninjauan langsung ke lokasi Bendungan Kuningan, di Kecamatan Cibeureum. 

"Saat ini kami meninjau lokasi Rencana Pembangunan Strategis Nasional Bendungan Kuningan yang akan diresmikan Presiden RI  Bapak Jokowi dalam waktu dekat bisa berjalan dengan baik dan lancar," ujarnya, Rabu (16/6).

"Alhamdulillah, target pembangunan bisa dilakukan sesuai rencana. Bahkan dalam pelaksanaannya tergolong cepat, tentunya semua ini tak lepas semua dukungan dari Bapak Presiden RI, Kementerian PUPR, Perhutani, BBWS Cimancis, dukungan Bupati Brebes, dan masyarkat sekitar yang terdampak pembangunan bendungan tersebut, dan pihak lainnya," tambahnya. 

Acep juga mengucapkan terimakasih dan memberikan hormat kepada Warga Desa Kawungsari yang sudah merelakan lahannya untuk pembangunan Bendungan Kuningan, termasuk juga Desa Randusari, yang sekarang sudah direlokasi ke Desa Sukarapih dengan disiapkan pemukiman rumah permanen.

"Dengan Pembangunan Bendungan ini, saya yakin akan memberikan manfaat untuk pengairan bukan hanya Kuningan, namun juga Kabupaten Brebes. Sehingga kebaikan ini akan menjadi kebaikan untuk NKRI dalam mewujudkan pembangunan strategis nasional," ucapnya.  

Sementara, Bupati Brebes Idza Priyanti atas nama pemerintah dan masyarakat Brebes menyampaikan terimakasih kepada Presiden RI Jokowi, Pemerintah Kabupaten Kuningan dan masyarakatnya atas dukungan mewujudkan pembangunan strategis Nasional Bendungan Kuningan ini.

"Dengan adanya Bendungan ini  dampaknya sangat besar untuk pengairan di Kabupaten Kuningan, dan sekitarnya. Bahkan untuk Brebes bisa mengairi 2.000 ha, khususnya wilayah Brebes Barat tepatnya Losari. Dengan pertanian padi dan bawang merah yang nantinya bisa panen dua kali," pungkasnya.