Dapat Laporan Masyarakat, BPOM Bandung Amankan Obat dan Kosmetik Ilegal Rp1 Milliar

Koordinator Kelompok Subtansi Penindakan, Alex Sander/Ist
Koordinator Kelompok Subtansi Penindakan, Alex Sander/Ist

Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) menggeledah sebuah rumah di Sukajadi Kota Bandung. Hasilnya, ditemukan obat dan kosmetik yang ilegal senilai lebih dari Rp1 milliar.


"Didasarkan pada laporan masyarakat ke BPOM Bandung kita melakukan kegiatan di sini dan hasilnya kita temukan beberapa produk obat tradisional, kosmetik tidak memiliki izin edar, jadi ada beberapa yang tidak ada izin edar di TKP ini," kata Koordinator Kelompok Subtansi Penindakan Alex Sander, Rabu (6/4).

"Barang bukti obat, obat tradisional, kosmetika impor tanpa izin edar BPOM yg ditemukan 34 item sejumlah 19.551 pcs/ kotak/botol dan Nilai Barang Bukti yg disita 1.238.348.000,- (satu milyar dua ratus tiga puluh delapan juta tiga ratus empat puluh delapan ribu rupiah)," imbuhnya.

Alex mengungkapkan, penggeledahan yang dilakukan merupakan berawal dari laporan masyarakat sejak bulan Februari 2022. Hasil dari penggeledahan akan diproses sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Merupakan tempat distribusi tanpa izin edar, laporan sejak bulan Februari 2022, kita lakukan pemantauan sebanyak 2x dan lakukan oeprasi penindakan berdasarkan arahan pimpinan," tandasnya.