Demo Di Gedung DPRD Jabar, MIM Desak Jokowi Segera Keluarkan Perppu UU Ciptaker

Mahasiswa Indonesia Menggugat menggelar aksi di depan Gedung DPRD Jabar/RMOLJabar
Mahasiswa Indonesia Menggugat menggelar aksi di depan Gedung DPRD Jabar/RMOLJabar

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam Mahasiswa Indonesia Menggugat (MIM) menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat (Jabar), Kota Bandung, Selasa (20/10).


Massa aksi menuntut Presiden RI segera mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu).

Jubir MIM, Lingga Pangestu Jubir menuturkan, jika tuntutan tidak digubris oleh Presiden, pihaknya akan mendesak semua elemen masyarakat untuk turun ke jalan. Pasalnya, semua elemen masyarakat terfokuskan dalam satu isu yaitu menolak dan mencabut UU Cipta Kerja (Ciptaker).

"Kami mendesak Presiden Joko Widodo untuk turun dari jabatannya, jika tidak mengeluarkan Perppu," tuturnya, Selasa (20/10).

Sementara itu, anggota MIM Iqbal menambahkan, pemerintahan terlalu memaksakan pengesahan UU Ciptaker. Apabila persoalan UU Ciptaker tidak disikapi oleh pemerintah, pihaknya akan mendorong konsistensi gerakan bukan hanya tanggal 20 oktober saja, namun akan melakukan aksi pada tanggal 28 oktober mendatang dengan massa aksi yang lebih besar.

"Bertepatan di hari sumpah pemuda tuntutan tersebut harus disikapi oleh Presiden," tambahnya.

Setelah menyampaikan tuntutannya, para massa aksi kembali melanjutkan orasi di tengah guyuran hujan. Tak henti-hentinya massa aksi menggaungkan "Merdeka, Merdeka, Kami Mengutuk Omnibuslaw ini, semangat teman-teman" serta disambut oleh massa aksi lainnya dengan mengucapkan "Revolusi, Revolusi".