Desa Digital Di Subang Bakal Jadi Desa Percontohan

Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengutus Staf Khususnya ke Kawasan Desa Digital Prakarsa Galuh Pakuan di di Desa Sukahurip, Bantarsari, Cirangkong, Cikadu dan Desa Cimenteng Kecamatan Cijambe Kabupaten Subang.  Kawasan ini akan menjadi role model program desa digital di Indonesia.


"Jadi secara khusus Pak Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar memerintahkan saya, untuk melakukan survei ke Kawasan Desa Digital Prakarsa Galuh, sekaligus melihat kondisi dan belajar di desa-desa yang ada disini khususnya Desa digital," kata Nasrun, Kamis (13/8).

Menurutnya, Kemendes PDTT sangat mengapresiasi semua inisiatif masyarakat desa di Kawasan Desa Digital Prakarsa Galuh.

"Tidak cukup kerja pemerintah, jadi inisiatif masyarakat yang didukung oleh pemerintah desa. Terlebih disini ada keterlibatan Raja LAK Galuh Pakuan, yang mendorong menginisiasi penyediaan internet. Saya pikir ini contoh yang bagus, yang perlu ditiru oleh siapapun," tegasnya.

Hasil survei ini, kata Nasrun, akan dilaporkan langsung kepada Menteri Desa PDTT, untuk dijadikan sebuah referensi, terkait bagaimana membangun desa digital seperti yang dilakukan oleh Kawasan Desa Digital Prakarsa Galuh ini.

"Apa yang akan saya laporkan ke Pak Menteri nanti, dari hasil survei ini, saya melihat di Kawasan Desa Digital Prakarsa Galuh ini cukup baik, tidak hanya melihat masalah, tetapi potensi desa yang lebih dikedepankan. Pola pikir semacam itu, yang saya nilai sangat luar biasa," pungkasnya.