Dewan Bakal Bentuk Perda Pola Karir PNS Kabupaten Bekasi

Edi Junaedi/RMOLJabar
Edi Junaedi/RMOLJabar

DPRD Kabupaten Bekasi berencana bakal membentuk Peraturan Daerah (Perda) tentang pola karir Aparat Sipil Negara (ASN).


Dungkapkan anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bekasi, Edi Junaedi, tujuan dibentuknya perda tersebut, untuk memberikan kepastian hukum bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi terkait karir pegawai.

Dalam rapat Bapemperda kami sudah ajukan untuk pembahasan Raperda Pola Karir," ungkap dia, Kamis (29/10).

.

Kata Edi, adanya beberapa pelanggaran berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup) no 44 tahun 2020 tentang pola karir. Menurut dia perlu menjadi perhatian bersama.

"Sebab pegawai (ASN) ini kan yang bertugas, sebagai birokrat yang menjalankan birokrasi untuk melaksanakan program program Pemerintahan Kabupaten Bekasi untuk kepentingan masyarakat. Kalau tidak ada kepastian terkait pola karir akan berdampak kinerja yang tidak sesuai dengan perencanaan," tegasnya.

Kemudian, Edi juga merasa kecewa ketika pihaknya menggelar rapat dengar pendapat dengan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD). Saat itu, setelah rapat.

"Bupati langsung menggelar rotasi mutasi yang tidak sesuai dengan regulasi perbup," ucapnya.

Lanjut Politisi Demokrat ini, dengan adanya serta dapat diterbitkan Perda Pola Karir. Diharapkan bisa mengantisipasi adanya pelanggaran dalam rotasi mutasi.

"Kami upayakan bisa cepat terbit Perda nya. Jadi kalau ada kepastian hukum para ASN bisa lebih semangat melaksanakan tugas untuk mendapatkan reward atau kenaikan jabatan," tandasnya.