Di Cirebon, Alumni UNPAD Bantu Masyarakat Atasi Krisi Air Bersih

Alumni Geologi Unpad Angkatan '95/RMOLJabar
Alumni Geologi Unpad Angkatan '95/RMOLJabar

Setiap memasuki musim kemarau, warga Desa Kamarang Kecamatan Greged Kabupaten Cirebon kesulitan air bersih. Terdesak kebutuhan, mereka terpaksa harus mengantre di mata air Ciseureuh dari pagi hingga malam hari.


Krisis air bersih yang dialami warga desa tersebut mengundang keprihatinan para alumni Universitas  Padjadjaran, khusunya para alumni Jurusan Geologi Angkatan ’95.

Dengan berbekal keahlian mereka, para alumni Unpad ini kemudian membangun sumur artesis yang bisa menyuplai air bersih buat warga sepanjang tahun.

“Kami para alumni sepakat bergotong royong membantu kesulitan masyarakat khusus air bersih di Desa Kamarang Cirebon, jadi mulai dari perencanaan sampai pada pembiayaan semuanya hasil sumbangsih dari alumni geologi UNPAD tahun 95, “ kata salah satu alumni Unpad, Adrian Nurcahyo (45), Sabtu (17/10).

Pada kesempatan yang asma, alumni Unpad lainnya, Riki Amri (44) mengatakan bila pembuatan sumur bor artesis tersebut mreupakan bagian dari rangkaian acara peringatan HUT ke- 25 Alumni geologi Unpad Angkatan ‘ 95.

“Pengeboran sumur artesis sebetulnya hanyalah awal, karena ada planing kedepannya kami akan mendorong pengembangan potensi desa ini,” ujarnya.

Demi mewujudkan rencana mereka, para alumni Jurusan Geologi itu akan mendorong lebih banyak unsur Civitas Academica Unpad untuk ikut membantu.

“Kami dari Alumni geologi Unpad 95 akan mencoba menggandeng IKA Unpad dan Forum Silaturahmi Alumni Unpad untuk membantu pengembangan potensi Desa Kamarang, yaitu sebagai Desa Wisata, “ demikian Riki.