Di Cirebon, TNI Bantu Tangani Masalah Stunting

TMMD ke 114 Kodim 0620 Cirebon/Ist
TMMD ke 114 Kodim 0620 Cirebon/Ist

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 114 Kodim 0620/Kab. Cirebon Tahun 2022, di Desa Jatiseeng Kidul, Kecamatan Ciledug, Kabupaten Cirebon, secara resmi dibuka oleh Bupati Cirebon, Imron Rosadi.


Ada hal yang berbeda pada pelaksanaan TMMD sebelumnya. Pasalnya pada pelaksanaan TMMD ke-114 ini dimulainya program percepatan penurunan stunting melalui sosisalisasi stunting dan pemberian makanan tambahan.

Danrem 063/SGJ, Kolonel Inf Dany Rakca Andalasawan mengatakan, TNI memiliki dua tugas yakni operasi perang dan selain perang, ada 14 kategori operasi selain perang.

"Di antaranya membantu pemerintah untuk melakukan percepatan pembangunan nasional, kiprah TNI dalam hal ini di antaranya melalui program TMMD yang digelar terutama di wilayah terpencil, TMMD merupakan wujud kemanunggalan antara TNI dan rakyat untuk melaksanakan pembaungan baik fisik maupun non fisik," katanya.

Terkait persoalan stunting yang diusung dalam pelaksanaan TMMD ke-114 di Desa Jatiseeng Kidul ini, Danrem menjelaskan, sejak bulan lalu dimana Kepala Staf Angkatan Darat diangkat menjadi orang tua asuh anak stunting Nasional.

"Maka jajaran TNI ke bawah menindaklanjuti untuk bersama stakeholder dan unsur elemen lain membantu percepatan penurunan stunting, dalam upaya melakukan percepatan penurunan stunting," ungkapnya.

Pihaknya menambahkan, ada beberapa tahapan dari pra penanganan seperti pendataan, sosialisasi kepada ibu hamil dan lainnya, kemudian penanganan seperti pemberian makanan tambahan kepada masyarakat yang memiliki anak stunting.

Disamping itu ada paska penanganan merupakan tindaklanjutnya seperti kontrol dan pengawasan paska penanganan serta mengharap pihak swasta juga dapat berperan menjadi orang tua asuh bagi anak stunting.

"Kami di wilayah menindaklanjuti perintah Kasad dimana sebulan lalu diangkat sebagai orang tua asuh stunting, masalah stunting sudah menjadi masalah nasional sehingga bukan hanya tugas kelompok tertentu tetapi menjadi tugas bersama untuk bersama-sama menangani stunting," ungkap Danrem.

Sementara Bupati Cirebon Imron Rosyadi mengatakan, Pemkab Cirebon dalam pelaksanaan TMMD ke-114 di Desa Jatiseeng Kidul ini siap memberikan dukungan apa yang menjadi target sasaran pelaksanaan TMMD, bentuk dukungan tersebut dari anggaran serta peran serta dinas terkait baik yang sasaran fisik maupun non fisik.

Sementara itu Dandim 0620/Kab.Cirebon Letkol Inf Faurizal Noerdin mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan pelayanan Pada TMMD ke-114 Kodim 0620/Kab. Cirebon Tahun 2022, di Desa Jatiseeng Kidul Kecamatan Ciledug Kabupaten Cirebon. 

"Fokus kita Pembangunan fisik dan non fisik, nah juga utamanya untuk penanganan stunting demi menyehatkan seluruh masyarakat di Kabupaten Cirebon, kami berharap sinergitas dan kerja sama dengan semua lini dan elemen ini terwujud dengan baik, kita bantu untuk gizi dan upaya lainnya agar angka stunting ini turun atau tidak ada lagi," ujar Letkol Inf Faurizal pada Rabu (27/7).

Lebih lanjut Letkol Inf Faurizal Noerdin yang merupakan Dansatgas TMMD mengajak semua unsur untuk mensukseskan bersama kegiatan TMMD ke 114 tahun 2022. (Dede Adhitama)