Di Tengah Pandemi Covid-19, Kolaborasi Jadi Kunci Kuatkan UMKM

Iwa Gartiwa dan Dewi Tenty Septi Artianty/RMOLJabar
Iwa Gartiwa dan Dewi Tenty Septi Artianty/RMOLJabar

Berbagai sektor mengalami ketidakstabilan akibat dampak pandemi Covid-19. Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun tak luput dari imbas oleh virus yang telah menyebar di hampir seluruh belahan dunia.


Dengan itu, Komunitas UMKM alumni Universitas Padjadjaran (Unpad) yang tergabung dalam Bumi Alumni siap bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat (Jabar) untuk mengembangkan UMKM.

Inisiator Bumi Alumni Unpad, Dewi Tenty Septi Artianty mengungkapkan, Jabar menjadi provinsi dengan pelaku UMKM terbesar di Indonesia. Dengan hal tersebut, perlu dimaksimalkan pemberdayaannya karena antusiasme dari para pelaku UMKM.

"UMKM itu luar biasa, karena kuat dalam menghadapi jatuh bangunnya perekonomian. UMKM itu sebagai backbone perekonomian," ungkapnya, Kamis (22/10).

Bumi Alumni Unpad telah menawarkan program kolektif ke Kadin Jabar, agar UMKM Jabar mampu menjadi pioneer penggerak kolektif. Selain itu, perlunya mengubah mindset untuk merasa bangga ketika mengenakan produk dalam negeri.

Sementara itu, Ketua Kadin Kota Bandung, Iwa Gartiwa mendukung inisiatif dari komunitas Bumi Alumni Unpad yang ingin memajukan serta mengembangkan sektor UMKM. Pasalnya, di program Kamis Manis Ngobrol Bisnis sering kedatangan dari alumni-alumni Unpad untuk memberikan edukasi.

"Kami harapkan bahwa alumni Unpad ini tetap solid dalam membangun UMKM. Mudah-mudahan kedepannya yang menjadi praktisi dapat berbagi ilmu," tandasnya.