Diduga Korupsi Dana Desa, Oknum Kades Di Ciamis Ditangkap Polisi

Oknum Kades tersangka korupsi dana desa di Ciamis/RMOLJabar
Oknum Kades tersangka korupsi dana desa di Ciamis/RMOLJabar

Seorang Kepala Desa berinisial AH yang diduga telah melakukan tindak pidana korupsi dana desa ditangkap Satuan Reskrim Polres Ciamis.


Kerugian negara akibat perilaku AH mencapai setengah miliar atau sekitar Rp510 juta. Kini AH ditetapkan sebagai tersangka dan kasusnya akan dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Ciamis. 

"Sesuai dengan keterangan pemeriksaan, uang yang hasil korupsinya dipakai untuk kepentingan pribadi mantan Kepala Desa Nagarajaya ini," ujar Wakapolres Ciamis Kompol H. Hidayatullah, Rabu (16/9).

Tidak hanya dana desa, anggaran yang diselewengkannya AH juga bersumber dari ADD, Bantuan Provinsi, Bantuan Keuangan Pemerintah Kabupaten Ciamis, Pajak Bumi dan Bangunan, PAD sewa tower, dan BPJS Ketenagakerjaan T.A. 2018.

"Jadi modus operandinya, tersangka tidak melaksanakan seluruh kegiatan Dana Desa Tahap II tahun anggaran 2018 yang diperuntukkan bagi pembangunan infrastruktur sebesar, sekitar Rp303 juta," ujarnya.

Dijelaskan Hidayatullah, tersangka justru memerintahkan bendahara desa mengalokasikan dana desa tersebut untuk pembiayaan utang pribadinya.

"Jadi yang dana desa itu, malah digunakan tersangka untuk pembayaran utang kepada suplayer material dan pengembalian temuan pajak tahun 2017," jelas Hidayatullah.

Begitu juga dengan penyelewengan uang negara lainnya. Dengan kerugian total mencapai setengah miliar.