Dikepung Banjir, Lansia Dan Anak Kecil Di Ngamprah Terjebak Dalam Rumah

Seorang warga berusia Lanjut Usia (Lansia) bersama anak perempuan terjebak di dalam rumah saat banjir yang diakibatkan jebolnya tanggul penahan air di Kampung Ciharashas, RW 04, Desa Margajaya, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB).


 

Tingginya rendaman air pun cukup membuat petugas kepolisian dari Polres Cimahi dan warga yang melakukan evakuasi kesulitan. Alhasil, sepanjang proses penyelamatan warga tersebut, berlangsung dengan dramatis.

Bhabinkamtibmas Desa Margajaya Briptu Adhytia mengatakan, banjir terjadi sekitar pukul 15.00 WIB. Peristiwa tersebut disebabkan tingginya debit air yang mengalir dari irigasi membuat tanggul penahan air jebol sehingga menerjang pemukiman warga.

Dengan kondisi hujan dan banjir disertai ketinggian air yang lebih dari satu meter, petugas kepolisian beserta warga melakukan evakuasi dengan hanya menggunakan seutas tali tambang yang diikat di kedua sisi sebagai pegangan saat melakukan proses evakuasi.

"Kalau menyeberang tanpa pegangan tambang cukup riskan juga, makanya kita gunakan itu sebagai pegangan untuk evakuasi warga yang terjebak banjir," ucap Adhyt di lokasi kejadian, Selasa (31/12).

Dibeberkan Adhyt, derasnya arus banjir serta cuaca buruk membuat petugas dan warga kesulitan mengevakuasi Lansia dan anak kecil dari dalam rumah yang terkepung banjir menuju tempat lebih aman.

"Memang prosesnya cukup sulit juga, karena tadi arus air sangat deras. Tapi proses evakuasi alhamdulillah lancar, butuh waktu kurang lebih satu jam. Sekarang sudah kita ungsikan ke kerabatnya," tandasnya.