Dilantik Besok, Pj Bupati Bekasi Bakal Diisi Dani Ramdan

Kantor Bupati Bekasi/Ist
Kantor Bupati Bekasi/Ist

Pelantikan Penjabat (Pj) Bupati untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di Kabupaten Bekasi rencananya bakal dilakukan Pemprov Jabar pada Kamis (21/7) besok.


Pelantikan tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 131.32-1374 Tahun 2021 Tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Dalam surat yang ditandatangani Direktur Otonomi Daerah, Akmal Malik untuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Pj Bupati bekasi akan diserahkan kepada Dani Ramdan yang merupakan Kepala BPBD Jabar. 

Kepala Bagian Tata Pemerintahan pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Sekretariat Daerah Jawa Barat, Moch. Imam Yunizar mengungkapkan, berdasarkan jadwal, maka pelantikan Penjabat Bupati Bekasi bakal dilakukan esok hari. 

“Rencananya besok pelantikannya, jamnya belum tau tergantung jadwal Gubernur, rencananya bisa dilakukan secara virtual dan secara langsung. Rencananya nanti pelantikan kalau Gedung Sate kan masih ditutup lagi lockdown, jadi dilantiknya antara di Rumah Dinas Gubernur atau Kantor BPBD Jabar,” bebernya, Rabu (21/7). 

Dia mengatakan, jika esok dilakukan pelantikan, maka dengan demikian Dani Ramdan sudah bisa langsung bekerja untuk memimpin Kabupaten Bekasi. Ia mengatakan, pelantikannya nanti juga akan disiarkan secara virtual.

“Kalau sudah dilantik, beliau sudah bisa bekerja. Nanti disiarkan di Humas Jabar ada youtubenya. Kalau sudah dilantik dia langsung bisa bekerja di Bekasi,” ungkap dia.

Meski menjabat sebagai Pj Bupati Bekasi, Dani Ramdan nantinya juga tetap menduduki jabatan sebagai Kepala BPBD Jawa Barat. 

“Dia tetap merangkap Jabatan sebagai Kepala BPBD, gak lepas,” jelasnya.

Imam mengatakan, Dani Ramdan akan menduduki jabatan Penjabat Bupati Bekasi selama setahun, jika memungkinkan ia bakal dilakukan perpanjangan oleh Gubernur Jawa Barat.

“Masa periode menurut aturan setahun, tapi bisa kurang karena Maret-kan berakhir masa jabatannya, kalau sudah selesai bisa diperpanjang bisa juga diganti pejabat yang baru gimana Pak Gubernur,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Jawa Barat, Dani Ramdan mengaku bersyukur atas rencana diangkatnya beliau menjadi Penjabat Bupati Bekasi. Menurut informasi yang ia dapat, pelantikan dirinya akan dilakukan esok hari.

“Info dari protokol besok, tapi jamnya belum. Jadi pelantikannya Full Virtual, jadi Pak Gubernur di Rumah Dinas Pakuan, saya di kantor saya di BPBD,” jelasnya. 

Setelah dilantik, Dani berjanji langsung bertugas di Kabupaten Bekasi untuk membenahi persoalan yang terjadi di wilayah tersebut. 

“Kalau dilantiknya masih siang, berarti saya sudah langsung bisa ke Bekasi, kalau terlalu sore berarti Jumat saya ke Bekasi-nya. Saya tunggu arahan dari Pak Gubernur dulu,” tandasnya.

Kantor Bupati Bekasi/Ist