Disdik Kota Bandung Diminta Ciptakan Generasi Berdaya Saing Dan Beretika

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana/RMOLJabar
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana/RMOLJabar

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengatakan, pendidikan menjadi tonggak penting bagi kemajuan Kota Bandung di masa mendatang. Sehingga, ia meminta Dinas Pendidikan setempat untuk menyelenggarakan pendidikan yang berorientasi pada terciptanya generasi yang unggul dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika.


Yana mengungkapkan, salah satu cara untuk menciptakan generasi unggul ialah memberikan kenyamanan kepada peserta didik saat belajar. Di masa pandemi, penyelenggara pendidikan harus mampu membuat inovasi agar pembelajaran tidak terasa membosankan.

"Hal ini perlu kita tekankan di tengah pandemi agar sekolah benar-benar membuat siswa merasa nyaman, terlindungi, juga bisa mengembangkan ide-ide kreatifnya secara optimal meskipun melalui Pembelajaran Jarak Jauh," kata Yana di kawasan Jalan Setiabudhi, Kota Bandung, Rabu (11/11)

Yana menilai pendidikan merupakan investasi yang hasilnya bisa dirasakan dalam jangka pendek atau panjang. Menurutnya, investasi di dalam dunia pendidikan tidak hanya kualitas diri tetapi harus disertai karakter manusia yang menjunjung tinggi nilai-nilai kehidupan.

"Manusia-manusia yang terdidik hampir pasti memliki kecerdasan emosional, intelektual dan juga kecerdasan spiritual. Itu akan membuatnya memiliki akses luas terhadap sumber-sumber kehidupan," katanya.

Yana menambahkan, evaluasi yang dilakukan secara berkala harus terus dilaksanakan Disdik kota Bandung. Hal tersebut sebagai upaya untuk mengukur dan menemukan inovasi dalam penyelenggaraan pendidikan di kota Bandung.

"Dalam konsep manajemen, evaluasi dan perencanaan merupakan dua hal saling berkaitan. Jika evaluasi terkait proses menelaah tentang apa yang diprogramkan, maka perencanaan berhubungan dengan proses penentuan masa depan dengan mengerahkan segala sumber daya termasuk data yang diperoleh dari hasil evaluasi," pungkasnya.