Satu solusi yang sama tidak lagi dapat diterapkan untuk semua Usaha Kecil dan Menengah (UKM), seiring bermunculan ragam jenis usaha dan perkembangan UKM yang semakin maju.
Karenanya, Ninja Xpress terus berupaya melampaui dari sekadar bisnis logistik dalam mendampingi UKM untuk meningkatkan penjualan dengan customized solutions yang disesuaikan dengan lini bisnis mereka.
Dalam menyambut bulan Ramadan, Ninja Xpress menyelenggarakan virtual sharing session Ramadan 101: Raih Berkah dan Cuan Saat Ramadan. Ninja Xpress membagikan sejumlah pandangan dan tren, serta mengundang UKM untuk berbagi tips bisnis agar meraih khalayak yang tepat guna meningkatkan penjualan.
Berdasarkan catatan Ninja Xpress, Peningkatan pengiriman Ramadan mencapai lebih dari 50% terjadi pada 2021, di mana Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur menjadi top 3 daerah yang didominasi paket berukuran kecil. Ninja Xpress pun optimis akan terjadi peningkatan jumlah pengiriman pada Ramadan tahun ini.
CMO Ninja Xpress, Andi Djoewarsa mengatakan, tren kenaikan jumlah pengiriman paket tersebut membuktikan UKM Indonesia memiliki endurance, sehingga berhasil bertahan melalui masa pandemi.
"Solusi yang mereka butuhkan tentu kini lebih spesifik sehingga inilah yang menjadi latar belakang Ninja Xpress memberikan customized solutions untuk masing-masing lini bisnis, baik itu Makanan/Minum, fashion, kecantikan, hingga peralatan rumah tangga," kata Andi, Rabu (30/3).
Jika melihat perilaku konsumen dalam berbelanja online selama Ramadan, riset #RamadhandiTwitter memprediksi akan terjadi peningkatan pembelian selama Ramadhan dimana 9 dari 10 orang berniat melakukan belanja barang di bulan Ramadhan.
Oleh karena itu, Setiap lini bisnis tentu memiliki tantangan yang berbeda dalam memasarkan produknya di saat Ramadan sehingga membutuhkan strategi pemasaran yang berbeda pula.
Inisiatif customized solutions Ninja Xpress memetakan kembali potensi pasar, keunggulan produk, tantangan yang dihadapi dan tingkat kematangan proses bisnis setiap lini untuk mengidentifikasi solusi yang sebenarnya paling mereka butuhkan.
Dari hasil pemetaan ini, Ninja Xpress kemudian menyusun perencanaan strategi pemasaran yang lebih terarah dan komprehensif serta terus mendampingi UMKM selama pelaksanaannya agar mereka berhasil meningkatkan penjualan.
Widya Pangestika, Social Media Specialist dari HR Group (Dr. O) sebagai salah satu UKM yang hadir dalam sesi tersebut mengungkapkan, menjelang Ramadan, produk madunya menjadi yang paling banyak dicari konsumen untuk menjalani puasa.
Meskipun produk mereka sudah memiliki sertifikasi BPOM dan halal, namun di sisi lain pihaknya masih menghadapi kendala yaitu kurangnya awareness masyarakat terhadap produk dari HR. Group.
Sehingga, pihaknya memerlukan bantuan dari sisi awareness Melalui customized solutions, di mana Ninja Xpress membantu memberikan slot videotron di beberapa titik secara gratis.
"Ninja Xpress tidak hanya memberikan solusi pemasaran tepat sasaran tapi juga mengubahnya menjadi peluang bisnis yang lebih besar lagi dengan customized solutions nya," kata Widya.
Sementara Nabella dari Muluse yang bergabung dengan ekosistem Ninja Xpress pada November 2021 menjelaskan, sebagai UMKM yang berdiri dengan produk yang baru diluncurkan, pihaknya sangat membutuhkan pelatihan bisnis tentang branding dan customized solutions Ninja Xpress menyediakan kebutuhan tersebut.
"Kami diberikan fasilitas belajar melalui Kurasi dan juga diberikan fasilitas foto dan video produk secara gratis. Selain itu dengan bergabungnya Muluse dengan Ninja Xpress, kami memperkirakan akan ada peningkatan penjualan sebesar 20 persen," tuturnya.
Senada, Addiniya dari TB Baneska yang mengandalkan penjualan fesyen gamis dan hijabnya pada bulan Ramadan tahun ini juga menyatakan kepuasannya dalam menggunakan customized solutions Ninja Xpress.
Selama ini, ujar, Addiniya, Baneska mengalami kesulitan untuk bekerja sama dengan influencer dan harus menunggu lama agar mendapat jadwal posting. Namun customized solutions Ninja Xpress sangat membantu dalam membangun kerja sama dengan KOL tier 1.
Bahkan menurutnya, Baneska juga mendapat bantuan iklan videotron, pemasaran yang tidak pernah dilakukan sebelumnya karena biaya yang tinggi. Akan tetapi, Ninja Xpress sangat membantu dalam mengefisiensikan biaya operasional dan pemasaran tersebut.
"Sejak Maret, Baneska sudah mulai mengalami peningkatan penjualan dan berharap akan ada kenaikan penjualan sebanyak 20 persen sampai 30 persen pada Ramadan kali ini," ungkap Addiniya.
Untuk diketahui, layanan customized solutions disediakan Ninja Xpress melalui Creative Business Solutions yaitu dengan Creative Hub tempat UMKM bisa melakukan foto dan video produk secara profesional bersama model dan makeup artist
Termasuk adanya dukungan iklan offline dan online agar UMKM dapat beriklan lebih maksimal di media dan lokasi yang strategis, kolaborasi bersama para influencer/KOL, penyelenggaraan events, hingga layanan manajemen konten media sosial.
Semua dukungan tersebut diberikan secara gratis kepada UKM yang tergabung di dalam ekosistem Ninja Xpress ataupun yang baru mendaftar melalui selalusiap.ninjaxpress.id.
© Copyright 2024, All Rights Reserved