Doni Monardo: Sosialisasi Protokol Kesehatan Harus Jadi Pririta Kerja Pemda

Doni Monardo/Net
Doni Monardo/Net

Setiap daerah harus memprioritaskan penerapan protokol kesehatan Covid-19 untuk menekan penyebaran virus asal China tersebut.


Hal itu disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Doni Monardo, Dalam Rapat Koordinasi Penanganan Covid-19 bersama jajaran Pemerintah Provinsi Bali, Jumat (9/10).

Untuk itu, Doni meminta agar sosialisasi protokol kesehatan yang meliputi memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan terus dilakukan terus digalakan.

“Sosialisasi protokol kesehatan harus menjadi program prioritas pemerintah daerah karena saat ini belum ada vaksin atau obat yang ditemuka untuk menangani Covid-19, sehingga protokol kesehatan merupakan satu-satunya senjata kita dalam memerangi Corona," ujar Doni dimuat Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (9/10).

Dalam implementasinya, Doni menilai peran tokoh adat dan desa akan mampu menjadi kekuatan dalam memperkuat pemahaman masyarakat pentingnya penerapan protokol kesehatan.

“Bali dikenal dengan peran tokoh dan desa adat yang kuat, mari bersama-sama untuk memberikan pemahaman pentingnya protokol kesehatan dalam beradaptasi dengan situasi pandemi Covid-19,” jelasnya.

Selain itu, edukasi dan sosialisasi protokol kesehatan juga bisa dilakukan dengan penggunaan kearifan lokal di daerah. Hal itu penting agar masyarakat memahami secara menyeluruh pesan yang disampaikan oleh pemerintah pusat maupun daerah.

“Misalnya setiap pesan atau program dari pemerintah pusat dapat diterjemahkan ke bahasa daerah setempat sehingga masyarakat dapat memahami secara menyeluruh tentang pesan yang disampaikan,” ungkap Doni.

“Semua bisa jadi pahlawan, bahkan media juga bisa menjadi pahlawan kemanusiaan. Peran media dalam mengedukasi masyarakat dapat menjadi salah satu strategi dalam memperkuat masyakarat sebagai garda terdepan dalam penanganan Covid-19 dengan kepatuhan menerapkan protokol kesehatan,” tutup Doni yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini.