Dorong Penyederhanaan Regulasi E-Katalog, Yana Ingin Produk UMKM Meningkat

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana/Ist
Wali Kota Bandung, Yana Mulyana/Ist

Penyederhanaan regulasi dalam e-katalog menjadi langkah penting yang harus dilakukan agar mampu meningkatkan produk lokal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).


Penyederhanaan regulasi dalam e-katalog menjadi hal penting yang harus dilakukan untuk meningkatkan produk lokal dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

Hal tersebut dikatakan Wali Kota Bandung, Yana Mulyana, saat menghadiri Pembukaan Indonesia Sustainable Procurement Expo 2022 di Bali, Kamis (2/6).

"Kita mendorong beberapa regulasi dipangkas untuk mempermudah UMKM masuk e-katalog. Semakin banyak UMKM masuk e-katalog, semakin banyak produk lokal yang tersedia," kata Yana.

Dikatakan Yana, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus melakukan sosialiasi kepada para pengusaha dan pelaku UMKM untuk mendaftar ke e-katalog.

"Kalau masuk e-katalog harus sudah terjamin soal harga, kualitas dan komponen lokalnya. Sehingga lebih terjamin," kata Yana.

Bahkan Yana telah meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Kota Bandung untuk berbelanja produk lokal di e-Katalog.

"Saat ini kami minta teman-teman di dinas untuk membelanjakan barang dengan komponen lokal serta utamakan belanja lewat e-katalog," kata Yana.

E-katalog merupakan aplikasi belanja online yang dikembangkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP). 

Aplikasi tersebut menyediakan beragam macam produk dari berbagai komoditas yang dibutuhkan oleh pemerintah.