Dukung FKKC Bentuk Biro Hukum, Begini Penjelasan PPDI Kabupaten Cirebon

Bendera PPDI/Net
Bendera PPDI/Net

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Cirebon mengapresiasi keinginan para kuwu agar Forum Komunikasi Kuwu Cirebon (FKKC) yang baru nanti membentuk Biro Hukum dan Advokasi.


Ketua DPC PPDI Kabupaten Cirebon, Surnato Yoris menilai adanya desakan pembentukan biro hukum dan advokasi FKKC akan berdampak positif. Tidak hanya bagi kenyamanan kinerja kuwu, namun juga unsur perangkat desanya.

“Kami dari PPDI Kabupaten Cirebon sangat mendukung FKKC membentuk biro hukum dan advokasi,“ kata Sunarto kepada Kantor Berita RMOLJabar, Jumat (20/11) malam. 

Sunarto mengklaim PPDI Kabupaten Cirebon sudah terlebih dahulu telah memiliki tim bidang advokasi. Tujuannya untuk memberikan pendampingan pada anggotanya yang menghadapi permasalahan hukum. 

“Jika sudah ada biro hukum FKKC, maka keputusan kuwu nantinya dalam koridor perundang-undangan dan peraturan yang berlaku. Jika pun ada permasalahan antara Kuwu dengan perangkat desa, maka tim advokasi PPDI bisa berkoordinasi dengan Biro Hukum FKKC,“ ujarnya.

Senada, Sekretaris DPC PPDI Kabupaten Cirebon, Sutara menyampaikan, pembentukan biro hukum dan advokasi memang diperlukan untuk akselerasi pembangunan di desa. 

Disamping itu, jelasnya, biro hukum FKKC akan mengikis permasalahan klasik seperti pemecatan perangkat desa lama yang dilakukan kuwu baru akan menurun drastis. Sebab, dengan adanya biro hukum FKKC maka kuwu baru akan mendapatkan pembinaan. 

“Para perangkat Desa itu selalu ketar ketir, manakala pasca pemilihan kuwu, banyak perangkat Desa yang dipecat tidak sesuai prosedur," ungkapnya.

Kendati demikian, Sutara memastikan, pembelaan PPDI pada perangkat desa dilakukan secara proporsional. Jika ada perangkat desa yang dipecat karena melanggar UU dan peraturan, PPDI tidak akan membela tapi hanya memberikan pendamping. 

“Kami harapkan kedepan FKKC dan PPDI bisa lebih bersinergi untuk bersama-sama membangun dan memajukan  desa agar masyarakatnya lebih sejahtera," tandasnya.