Dukung Pengembangan Pasar Budidaya Porang untuk Sukseskan Program Petani Milenial

Silaturahmi Insan Porang Jawa Barat/Istimewa
Silaturahmi Insan Porang Jawa Barat/Istimewa

Dukungan langsung diberikan PT. Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Perseroda terhadap pengembangan pasar budidaya porang, yang juga sekaligus mensukseskan program Petani Milenial yang digagas Gubernur Jabar Ridwan Kamil.


Begitu dikatakan Direktur Utama PT BIJB Salahudin Rafi saat menjadi narasumber dalam Kegiatan Silaturahmi Insan Porang Jawa Barat yang diadakan oleh Paguyuban Petani Porang Organik Indonesia dengan tema "Dari Ladang Hingga Bandara dari Jabar Hingga Manca Negara".

Kegiatan tersebut merupakan sarana silaturahmi insan porang yang diadakan oleh Paguyuban Petani Porang Organik Indonesia, serta merupakan bukti konkret untuk mendukung program percepatan Pemerintah Provinsi Jawa Barat tentang Petani Milenial dengan 5000 hektar area tanam.

"Komoditas Porang ini menjanjikan dan memiliki proyeksi cerah di Masa Depan. BIJB sebagai fasilitator dan juga katalisator untuk penghubung sarana transportasi siap mendukung hasil olahan tanaman porang ini,” 

"Terlebih, ada satu keterikatan antara ladang hingga bandara, dan bandara disini siap menjadi penghubung untuk menunjukkan hasil olahan lokal Jawa Barat ke Manca Negara," kata Direktur Utama PT BJB Salahudin Rafi dalam keterangan, Senin (13/9).

Berkaitan dengan program petani milenial, Rafi juga menegaskan bahwa PT BIJB sebagai pengelola Bandara Internasional Kertajati Jawa Barat, akan terus berpartisipasi dan berkolaborasi. Terlebih, untuk mendorong upaya pemulihan ekonomi daerah.

Menurutnya sesuai arahan gubernur ada lahan BIJB di luar areal bandara yang bisa dimanfaatkan untuk program petani milenial. Terpenting BIJB siap memfasilitasi pengiriman hasil budidaya pertanian yang berorientasi ekspor atau lintas pulau.

Komoditas porang (tanaman umbi-umbian) saat ini menjadi komoditas yang menjanjikan. Tidak hanya berpeluang menjadi komoditas ekspor, porang juga memiliki nilai jual tinggi.