Dukung Program 1 Juta Lapangan Kerja, Relawan Sahabat Sandi Latih Ratusan Pembudidaya Ikan

Ratusan warga Kabupaten Pangandaran mendapatkan pelatihan 'Budidaya Ikan Tawar dan Pakan Mandiri Maggot' yang digelar oleh UKM Sahabat Sandi Pangandaran. Pelatihan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas warga dalam membudidayakan ikan maupun menyediakan pakan secara mandiri guna mengantisipasi mahalnya harga pakan ikan.


Begitu disampaikan Ketua UKM Sahabat Sandi Pangandaran, Kusnadi atau kerap di H. Akaw di lokasi pelatihan, Rumah Makan Mangrove, Kabupaten Pangandaran, Rabu (14/9).

"Tujuan pelatihan ini agar pembudidaya benar - benar melakukan budidaya yang benar dan mendapatkan keuntungan disertai keberhasilan sesuai dengan harapan mereka," kata Akaw. 

Akaw meyakini pelatihan tak hanya berdampak pada peningkatan keahlian, tapi juga berdampak pada terbukanya lapangan kerja sebagaimana dicanangkan oleh Sandiaga Uno yang berkomitmen membuka 1,1 juta lapangan kerja.

"Pak Sandi akan memperdayakan 1,1 juta lapangan kerja dan akan menjadi suatu perjalanan kami untuk membantu program Pak Sandi agar langkah - langkah yang dilakukan berjalan dengan baik. Programnya Pak Sandi ini bisa memecahkan atau mengantisipasi pengangguran yang begitu besar saat ini akibat Covid-19," jelas Akaw. 

Kesaksian datang dari salah satu peserta bernama Iswanto (35) yang mengaku terbantu dengan pelatihan budidaya ikan dan pembuatan pakan. 

Iswanto maupun peserta menghadiri pelatihan tersebut juga akan terus mendukung Sandiaga Uno untuk maju di tahun 2024. Dengan program - program yang dibuat Sandiaga, masyarakat menilai Sandiaga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat Indonesia.

"Alhamdulillah sekali dengan adanya pelatihan ini membantu sekali, nanti kita akan kembangkan kepada rekan-rekan yang ada di sekitar kami," tutur Iswanto.