Edan Sepur Ajak Masyarakat Disiplin Saat Melewati Perlintasan

Masyarakat Kota Bandung, termasuk dari berbagai daerah lainnya diajak untuk disiplin dalam perlintasan kereta api. Untuk itu, Komunitas Edan Sepur Indonesia Kota Bandung akan menggelar kegiatan Disiplin Perlintasan 2020.


 

Kegiatan yang akan berlangsung pada Jumat (10/01) besok adalah gelaran pertama di tahun 2020. Namun, kegiatan serupa pernah dilaksanakan sebelumnya pada 30 November 2019.

Humas Edan Sepur Kota Bandung, Abdullah Putra Gandhara menuturkan, kegiatan tersebut terus dilakukan secara konsisten untuk membangun kesadaran. Dengan demikian, keselamatan perjalanan kereta api maupun masyarakat tetap terjamin.

"Harapannya, keselamatan ketika melewati perlintasan sebidang terjamin karena kereta api bukan lagi mainan untuk kita serta sama-sama untuk berkolaborasi dan turun tangan bukan tunjuk tangan," kata Abdullah, Kamis (10/01).

Abdullah mengatakan, pihaknya secara rutin melakukan evaluasi bersama stakeholder terkait atas pelaksanaan kegiatan tersebut guna mengetahui sejauh mana perkembangan kesadaran masyarakat saat melalui perlintasan sebidang.

Evaluasi tersebut dilakukan bersama Balai Teknik Perkeretaapian Jawa Barat pada Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, Dinas Perhubungan Kota Bandung serta Provinsi Jawa Barat, Kepolisian, PT. KAI, Dinas Pekerjaan Umum, dan para relawan.

"Kami pun melakukan evaluasi berkala setiap enam bulan sekali," ujarnya.

Bagi masyarakat luar yang ingin mengikuti kegiatan tersebut bisa mendaftar melalui Aplikasi Website Indorelawan dengan link bit.ly/INDOJPL20 atau kata kunci #DisiplinPerlintasan 2020.