Ekonomi kreatif merupakan sebuah konsep perekonomian di era ekonomi baru dengan mengutamakan kreativitas dan informasi. Konsep dari ekonomi kreatif ini mengedepankan sumber daya manusia yang memiliki ide dan pengetahuan yang digunakan sebagai faktor utama dalam produksi.
Intinya, ekonomi kreatif lebih mengedepankan kreativitas, pengetahuan, dan ide dari manusia sebagai aset untuk membuat perekonomian bergerak maju. Konsep ekonomi kreatif ini sudah terbukti dapat mengembangkan sektor perekonomian.
Demikian diungkapkan Kabid Kepemudaan Ahmad Arif Imamulhaq melalui Kepala Seksi Bina Kewirausahaan Pemuda, Marnia dalam kegiatan Pembinaan Wirausaha Muda, di kantor Dinas Kepemudaan, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Purwakarta, Jumat (9/10).
Menurut Marnia, saat ini tantangan wirausaha muda adalah bagaimana mengembangkan inovasi dan kreativitasnya berdasarkan informasi dan teknologi digital yang bergerak cepat sejalan dengan konsep ekonomi kreatif.
"Ekonomi kreatif menjadi tantangan bagi wirausaha muda untuk tumbuh dan mengembangkan usahanya yang bukan hanya berdampak pada peningkatan omset melainkan juga turut meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional," ujarnya.
Hadir dalam kegiatan pembinaan tersebut, Kabid Kepemudaan, Kepala Seksi Kepemimpinan dan Kepeloporan, Narasumber Muhammad Adi Subagja yang juga pengusaha muda sektor konveksi dan Putri Aprilia owner Kulpis (keripik kulit pisang) serta puluhan wirausaha muda Purwakarta yang turut membawa produk-produk kreatifnya.
Muhammad Adi Subagja narasumber kegiatan tersebut sangat mengapresiasi tumbuhnya wirausaha muda di Purwakarta.
"Apresiasi yang sebesar-besarnya kepada peserta kegiatan ini yang juga wirausaha muda, dengan usia yang terbilang sangat muda namun sudah berani untuk terjun berwirausa dengan mandiri dan tangguh," ujar Adi yang juga pengusaha muda pada sektor konveksi.
Dan yang membuat dia bangga karena produk-produk para wirausaha muda itu luar biasa menarik, unik dan memiliki inovasi sehingga bisa bersaing dengan produk-produk yang sudah lumrah dipasaran. Packaging produknya pun sudah cukup profesional dengan pemasaran secara online memanfaatkan teknologi digital.
"Dan, kami melihat pertumbuhan ekonomi kreatif di kalangan anak-anak muda Purwakarta cukup positif, harapannya wirausaha muda dapat berkontribusi dalam mensejahterakan masyarakat," demikian Adi.
© Copyright 2024, All Rights Reserved