Empat Program Prioritas Pengurus IKA Unpad Periode 2020-2024

Pengurus IKA Unpad Periode 2020-2024/RMOLJabar
Pengurus IKA Unpad Periode 2020-2024/RMOLJabar

Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) periode 2020-2024 telah resmi dilantik. Acara pelantikan digelar di Gedung Sate, Kota Bandung pada Sabtu (17/10).


Dalam sambutannya, Ketua Ikatan Alumni Universitas Padjajaran (IKA Unpad), Irawati Hermawan mencanangkan sejumlah program unggulan.

Program yang pertama, kata Teh Ira, yakni Jabar Feeds Indonesia Center (JAFIC) yang akan dimotori para alumni di bidang agro-complex.

"IKA Unpad akan berperan aktif dalam mewujudkan Jabar sebagai hub kebutuhan pangan Indonesia," ungkapnya.

Program kedua, yakni Center for Macro-economic Statistics dan Public Policy Analysis Center. Menurut Teh Ira, sebagai salah satu institusi intelektual utama di Jawa Barat, IKA Unpad diharapkan dapat berperan aktif dalam penyelesaian masalah bangsa, melalui sumbangan pemikiran.

"Untuk itu IKA UNPAD telah meluncurkan banyak gagasan inovatif yang bermunculan selama proses penyusunan kepengurusan IKA Unpad periode 2020-2024 ini," katanya.

Teh Ira menyebut, salah satunya yang menjadi ciri khas adalah dengan dibentuknya Pusat Statistik Ekonomi Makro dan Pusat Analisis Kebijakan Publik.

Ia menyebut, program unggulan yang ketiga ialah program Wakaf Qur’an dan Halal Center. Program itu sebagai wujud bahwa Indonesia merupakan negara berpenduduk Muslim terbesar di dunia dan salah satu negara berpenghasilan terbesar di antara negara-negara Organisasi Konferensi Islam (OKI).

"Maka IKA Unpad ingin berperan dalam menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pusat halal dan wakaf Qur’an terbesar di dunia," ungkapnya.

Program terakhir, lanjut Teh Ira, yakni Endowmant Fund Center. Setiap ikatan alumni terkemuka di dunia memiliki endowment fund untuk menunjang kiprah ikatan alumni dalam memajukan almamater, alumni, dan mahasiswa.

"IKA Unpad akan mendirikan Endowment Center untuk memfasilitasi dan menjembatani para alumni yang ingin mulang tarima kepada civitas academica maupun membantu program-program untuk memajukan alumni dan mahasiswa," tuturnya.

Teh Ira pun berharap, IKA Unpad selain menjadi asset Jawa Barat, juga dapat memberikan manfaat bagi kemajuan bangsa.