Eti Herawati Lepas 162 Jemaah Haji Asal Kota Cirebon ke Tanah Suci

Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kota Cirebon/RMOLJabar
Pemberangkatan Calon Jemaah Haji Kota Cirebon/RMOLJabar

Proses pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke Tanah Suci terus berlangsung hingga memasuki hari ke-25. Kota Cirebon, masuk ke dalam kloter-38 memberangkatkan 162 jemaah ke Makkah.


Pagi ini, Selasa (28/6) para jemaah asal Kota Cirebon, itu bakal terbang ke Arab Saudi. Sesuai jadwal keberangkatan kloter-38, dengan mengunakan enam bus 162 jemaah menuju asrama haji Bekasi.

"162 jemaah haji asal Kota Cirebon masuk ke dalam kloter-38. Hari ini, berangkat ke asrama haji Bekasi dengan mengunakan 6 bus," kata Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, Selasa (28/6)

Eti menambahkan, ibadah haji merupakan sebuah ibadah yang dijadikan sebagai salah satu dari lima pondasi (rukun) yang dengannya akan tegak agama Islam. 

"Setiap muslim sudah barang tentu mendambakan dapat menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci Makkah karena hal ini, disamping merupakan kewajiban, juga sekaligus kehormatan bagi yang telah mendapatkan panggilan dari Allah Swt," tuturnya.

Eti menuturkan, jemaah haji diharapkan selalu menerapkan protokol kesehatan, karena situasi pandemi Covid-19 yang belum kondusif.

"Tahun ini, Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan terbukanya kuota bagi Calon Jamaah Haji Indonesia. Sehingga yang masuk ke dalam rombongan dalam kuota wajib bersyukur. Rasa syukur itu harus diwujudkan dengan menjaga kesehatan dan patuhi protokol kesehatan," lanjutnya.

Sementara Kepala Kantor Kemenag Kota Cirebon, H. Moh Asan menjelaskan meski dinilai telah kondusif, Covid-19 masih ada dan keberadaannya sangat nyata. Mengingat banyak Calon Jamaah Haji yang usianya sudah lanjut, maka akan sangat bijaksana untuk saling melindungi melalui penerapan protokol kesehatan yang ketat meskipun telah mendapatkan vaksinasi Covid-19.

"Saya berharap jemaah untuk dapat mengondisikan diri, meningkatkan kesabaran, dan menata niat tulus guna mendapatkan rida dari Allah SWT, berupaya menjaga kesehatan dengan mengatur makan, minum, dan istirahat yang cukup sehingga mampu menjalankan seluruh kewajiban, rukun, serta sunah ibadah haji," ujarnya. (Dede Adhitama)