Fadli Zon Usul JIS Diganti jadi Stadion Bung Hatta

Jakarta Internasional Stadium (JIS)/Net
Jakarta Internasional Stadium (JIS)/Net

Usulan pergantian nama Jakarta International Stadium (JIS) tak hanya datang dari sejarawan JJ Rizal, yang mengajukan MH Thamrin sebagai nama baru JIS. Anggota DPR RI, Fadli Zon, juga punya usulan nama lain sebagai pengganti nama JIS yang tak bernuansa Indonesia.


Sejarawan JJ Rizal pun telah menyerahkan secara langsung petisi pergantian nama Jakarta International Stadium menjadi MH Thamrin kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Balaikota DKI Jakarta, secara simbol.

Petisi yang telah ditandatangani 5.700 orang itu diserahkan tepat di hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta ke-495, Rabu kemarin (22/6).

Nah, menurut Fadli Zon, ketimbang menggunakan nama Stadion MH Thamrin, ia mengusulkan JIS diganti namanya menjadi Stadion Bung Hatta.

"Saya usul namanya Stadion Bung Hatta. Kita sudah punya 'Gelora Bung Karno', padahal Proklamator itu dwitunggal, jadi cocok kalau menghargai Bung Hatta," jelas politikus Gerindra itu seperti dikutip Kantor Berita RMOLJakarta melalui akun Twitter miliknya, Kamis (23/6).

"Nama Thamrin sudah jadi jalan protokol terbesar," sambungnya.

Namun demikian, JJ Rizal berpendapat, MH Thamrin yang merupakan pahlawan nasional asal Betawi memiliki jasa besar bagi dunia persepakbolaan.

"Jadi kami mengasih usulan sama Pak Anies, nama yang menurut riset kami mau yang paling cocok MH Thamrin. Kenapa Thamrin? Ya karena dia bukan hanya pahlawan nasional, putra Betawi, dan dia juga pahlawan sepak bola," pungkasnya.