Gandeng PWI, Satgas Penanganan Covid-19 Libatkan Ribuan Wartawan Kampanyekan Pesan Positif

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo dalam Webinar Mappilu PWI/Repro
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo dalam Webinar Mappilu PWI/Repro

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 akan melibatkan ribuan wartawan di seluruh Indonesia untuk menyebarluaskan informasi kampanye perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19.


Begitu dikatakan Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen Doni Monardo, dalam Webinar Mappilu PWI, Kamis (1/10).

"Satgas bersama dengan PWI bekerja sama untuk melibatkan sebanyak 5.800 wartawan dari seluruh provinsi. Para wartawan akan bertugas dalam penyampaian pesan positif dan faktual terkait perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19," kata Doni. 

Doni menjelaskan, tak hanya menggaungkan program perubahan perilaku, para wartawan juga diminta terlibat langsung dalam upaya mengubah perilaku masyarakat melalui pesan-pesan positif. Serta mencegah berita hoax soal Covid-19 yang beredar di masyarakat. 

"Kemudian tugasnya adalah melakukan program untuk perubahan perilaku. dan juga menangkal berita-berita yang tidak benar, di tengah-tengah masyarakat," ungkapnya. 

Selanjutnya kata dia, sebanyak 5.800 wartawan ini diharapkan menjadi bagian dari satgas Covid-19 yang lebih memaksimalkan pendisiplinan masyarakat akan penerapan protokol kesehatan.

"Teman-teman media nanti, yang bergabung dalam satgas ini, bisa menyampaikan pesan yang positif," tegasnya.

Diberitakan sebelumnya, pemerintah terus menggalakkan kampanye perubahan perilaku di masa pandemi Covid-19. Salah satunya, sosialisasi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 melalui transportasi umum.

"Bapak presiden tadi menekankan agar transportasi publik ini juga diimbau memasang protokol kesehatan di kendaraan, baik itu truk, angkutan umum, angkutan kota, bus, taksi dan kendaraan lainnya," tandasnya.