Gelar Shalat Ied Di Pendopo, Mang Oded: Banyak Hikmah Dari Pandemi

Wali Kota Bandung Oded M Danial/RMOLJabar
Wali Kota Bandung Oded M Danial/RMOLJabar

Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menggelar Shalat Idul Fitri di Pendopo Kota Bandung, Jl. Dalem Kaum Kota Bandung, Kamis (13/5). Shalat digelar bersama keluarga serta pegawai di lingkungan Pendopo.


"Alhamdulilah hari ini, kami, Mang Oded sama Umi di Pendopo melaksanakan Shalat Ied dan jamaahnya adalah semua warga yang ada di pendopo ini, para pegawai yang ada di pendopo ini," kata Oded.

Oded mengungkapkan, digelarnya salad Id di Pendopo merupakan wujud dari komitmen Desentralisasi dalam rangka menekan potensi kerumunan.

"Kita sengaja diselenggarakan di pendopo ini kita ingin memperkuat desentralisasi, kerumunan dikurangi oleh kita," ungkapnya.

Oded mengungkapkan, banyak hikmah yang dapat dipetik dengan adanya salat Id berkonsep Desentralisasi di tahun kedua lebaran akibat adanaya pandemi. Menurutnya,  Pandemi mengajarkan masyarakat untuk memperkuat kesabaran.

"Makna yang bisa diambil di masa pandemi? Kalau bicara soal makna, dua kali lebaran ini di suasana pandemi, tentu banyak sekali hikmah yang harus kita ambil," ungkapnya.

"Pertama musibah covid-19 dituntut menjadi warga masyarakat yang sabar, sabar atas ujian yang allah berikan kepada kita, kedua kita sabar dalam konteks taat prokes, karena walaupun yang namanya kematian, ada yang mati karena korona dan ada yang tidak, jadi sebeetulnya korona bukan hal yangbkita takuti, tapi kita diwajibkan untuk berupaya berikhtiar. Selanjutnya tak ada yang sia-sia, sekalipun musibah ini bermanfaat, tergantungbl kita mengambil hikmah dari musibah ini," imbuhnyam

Pada kesempatan tersebut, Oded juga berkomentar terkait problematika di Negara Palestina. Menurutnya, apa yang terjadi di sana harus dapat memantik rasa kepedulian masyarakat luas khususnya di momen lebaran.

"Kita selaku umat islam sebagai manusia harus menghadirkan kemanusiaan, kita harus punya kepedulian dengan saudara kita yang di sana," ujarnya

"Secara pribadi, dari dulu sebelum jadi politisi saya selalu memberikan infak, Palestina punya sejarah, waktu indonesia merdeka yang pertama kali menyambut, merespon itu mereka," tandasnya.