Hambat Penyebaran Covid-19, Empat Ruas Jalan Kota Bandung Ditutup

Pemerintah Kota Bandung terus berupaya mencegah penyebaran virus corona baru atau covid-19. Salah satu yang terbaru yaitu melakukan penutupan empat ruas jalan yang memiliki keramaian yang cukup tinggi.


Empat ruas jalan tersebut diantaranya yaitu Jalan Ir. H Djuanda, Merdeka, Diponegoro, dan Jalan Asia Afrika. Penutupan dilakukan setiap hari pukul 08.00-15.00 WIB dan disambung kembali pukul 18.00-21.00 WIB.

"Kami (Pemkot Bandung) sudah berdiskusi kemarin dengan Forkopimda tentang wilayah karantina terbatas, yaitu kita akan kaji dulu dari mulai sebaran wilayah yang terpapar, dan untuk waktunya belum ditentukan," Ujar Wali Kota Bandung, Oded M Danial di Pendopo, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Senin (30/3).

Oded mengatakan, Pihaknya  menyampaikan pesan-pesan pada tokoh masyarakat, RT dan RW melalui para Camat, untuk dilanjutkan pada masyarakat agar warga mengkarantina diri dan berdiam diri di rumah guna meminimalisir paparan virus corona di wilayahnya.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara mengatakan, penutupan jalan diharapkan dapat menekan angka keramaian di jalan raya. Tujuan utamanya supaya semua orang tetap berada di rumah masing-masing guna mencegah penyebaran virus corona.

"Pemberlakuan penutupan jalan ini akan dilakukan setiap hari secara situasional dengan melihat situasi dan kondisi hingga ada hasil evaluasi 9 April mendatang," terangnya.

Bagi masyarakat yang bekerja atau beraktivitas di sekitar ruas jalan yang ditutup, kata dia, telah disediakan kantung-kantung parkir di sejumlah titik.

"Kalau masyarakat ada kegiatan terdesak dan tidak bisa WFH, maka kantung parkir di kawasan Asia Afrika sudah ada di Braga pendek, Braga panjang dan basemen Alun-alun tergantung situasi dan kondisi," jelasnya.

Pemerintah Kota Bandung rencananya akan menambah penutupan di sejumlah ruas jalan. Rencananya yaitu Jalan Braga panjang, Braga pendek, dan Jalan Tamblong. Selain itu, rencananya Jalan Purnawarman akan dialihkan ke Jalan Raden Eddy Martadinata.