Hari Ini, Mantan Bupati Karawang Ade Swara Hirup Udara Bebas

Mantan Bupati Karawang, Ade Swara saat keluar dari Lapas Sukamiskin Bandung/Ist
Mantan Bupati Karawang, Ade Swara saat keluar dari Lapas Sukamiskin Bandung/Ist

Mantan Bupati Karawang, Ade Swara mulai hari ini bisa menghirup udara bebas usai menjalani hukuman penjara di Lapas Sukamiskin, Minggu (18/7).


Singkat cerita, diketahui Ade Swara bersama istri Nurlatifah dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana korupsi menerima suap Rp5 miliar dari pihak PT Tatar Kertabumi, yang merupakan anak perusahaan Agung Podomoro Land. Saat itu, PT Tatar Kertabumi tengah mengurusi Surat Persetujuan pemanfaatan ruang (SPPR) di jalan Kertabumi Kabupaten Karawang.

Mantan Bupati Karawang tersebut divonis atau dijatuhi hukuman oleh majlis hakim selama 6 tahun dengan denda Rp400 juta.

Adapun yang memberatkan tersebut,  Ade Swara mengajukan Kasasi, namun permohonan dari Mahkamah agung (MA) menolak atas permintaan kasasi Ade swara, sehingga MA menambahkan hukuman menjadi 7 tahun dengan denda Rp400 juta.

"Saya mengucapkan terima kasih atas keluarnya beliau. Selain keadaan fisik sehat walafiat dan masih dalam lindungan Allah SWT Amiin," kata orang kepercayaan Ade Swara, Didin saat dihubungi Kantor Berita RMOLJabar, Minggu (18/7).

Selian itu, Didin juga mengucapkan permintaan maaf kepada para pendukung serta simpatisan Ade Swara karena tidak bisa ikut menjemput dan kumpul-kumpul di rumah beliau. Pasalnya, kondisi sekarang dalam massa PPKM Darurat.

"Saya harap untuk pengertian serta kerja sama guna menghindari kerumunan serta menghindari terjadinya klaster baru," ujarnya.

Adapun menjelang Pilkada 2024, kata Didin, kemungkinan besar Ade Swara tidak akan minat untuk mencalonkan Bupati.

"Tetapi yang jelas, untuk Pilkada yang datang, di tahun 2024 yang akan maju  yaitu Gina Swara anaknya dan sekarang masih menjabat anggota DPRD Provinsi Jawa Barat," pungkasnya.