Indonesia Political Opinion (IPO) kembali merilis sigi terbarunya. Hasilnya keterpilihan calon presiden Koalisi Indonesia Maju (KIM), Prabowo Subianto di kalangan pemilih pemula atau generasi Z (Gen-Z) dan milenial cukup tinggi.
- Jadi Partai Pilihan Milenial, Golkar Cirebon Berikan Kesempatan Caleg Muda Ikut Pileg 2024
- Hasil Survei IPO, PKS Senang Pasangan Amin Tempel Ketat Prabowo-Gibran
- Survei IPO: Sebagian Masyarakat Puas Kinerja Anies Baswedan
Baca Juga
Berdasarkan kelompok umur pemilih, Prabowo menjadi sosok yang paling dipilih oleh pemilih pemula (Gen-Z) dan milenial. Dari 1.400 responden yang diwawancarai, 19 persen adalah generasi Z, dan 33 persen milenial.
"Hasilnya 31,4 persen responden memilih Prabowo Subianto, 29,5 persen memilih Ganjar Pranowo, dan 21,7 persen memilih Anies Baswedan. Sementara 11,6 persen belum menentukan pilihan," ujar Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah seperti dilansir Kantor Berita Politik RMOL, Senin (20/11).
Menurut Dedi, tingginya elektabilitas Prabowo didorong oleh partai-partai politik yang mengusungnya memiliki basis pemilih pemula yang banyak.
"Partai Gerindra berada di posisi teratas dengan poin 21,7 persen. Disusul Partai Golkar 12,5 persen, dan Partai Amanat Nasional 11,6 persen," paparnya.
"Sementara, Partai Kebangkitan Bangsa 9,2 persen, PDI Perjuangan 7,8 persen, Partai Nasdem 6,6 persen, Partai Keadilan Sejahtera 4,8 persen," demikian Dedi.
Survei IPO kali ini menggunakan metode wawancara tatap muka dengan pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS), atau pengambilan sampel bertingkat.
Adapun tingkat kesalahan atau margin of error (MoE) survei itu sebesar 2,5 persen, dan tingkat akurasi data 95 persen.
- Blusukan di Jakarta, Ganjar Dinilai Abaikan Etika Pejabat Publik
- Genderang Perang PDIP-Nasdem Dimulai, Dimulai dari Johnny G Plate
- IPO Sebut Ridwan Kamil Tidak Bijak Saat Respons Kritikan dari Warganet