PT Pos Indonesia berupaya terus berinovasi merespon kebutuhan era industri 4.0. Pelayanan berbasis fisik tak lagi relevan di masa kini.Jika ingin bersaing, pelayanan berbasis digital mejadi harga mutlak.
Atas dasar itu, PT Pos Indonesia melakukan inovasi dengan mentransformasikan segmen-segmen bisnisnya.
Begitu disampaikan Direktur Utama PT Pos Indonesia (Persero), Faizal Rochmad Djoemadi dalam HUT ke-275, di Kantor Pusat PT Pos Indonesia, Jl. Cilaki Kota Bandung, Kamis (26/8)
"Jadi ada 7 transformasi untuk lima tahun ke depan, meliputi transformasi Bisnis, produk dan chanel, Proses, teknologi, organisasi, sdm, dan budaya," kata Faizal.
Faizal mengungkapkan, sebagai gebrakan awal, Pos Indonesia memperbarui layanan dengan meluncurkan 'Posaja' dan 'Pospay' yang berbasis digital. Dengan adanya layanan tersebut, para pelanggan Pos akan lebih dimanjakan dengan pelayanan serba digital.
"Pos pay dan Posaja yang barusan kita luncurkan itu merupakan bagian dari transformasi produk dan chanel," ujarnya.
"Semula kita fisikal chanel, loket, agen pos, itukan pelayanan fisik untuk transaksi produk pos, sekarang kita buat interaksi digital baik itu di appstore dan playstore," tambahnya.
Faizal menegaskan, apa yang dilakukan merupakan suatu cara untuk terus beradaptasi dengan perkembangan zaman.
"Itu contoh hanya transformasi kecil, ini upaya kita beradaptasi dengan kebiasaan baru, sekarang kan kita hampir full digital, di era 4.0 mau tidak mau kita harus mengikuti," tegasnya.
Masih dijelaskan Faizal, layanan 'Posaja' dan 'Pospay' memiliki pasar yang menjanjikan. Dengan jaringan hingga ke pelosok Desa, Faizal yakin Pos Indonesia akan mampu meraup keuntungan dalam segmen bisnisnya.
"Pospay dan Posaja jelas kita jelas segmennya finansial inklusi, kita menyasar orang-orang yang tidak punya rekening bank, kedua network kita sampai ke desa, disitulah market kita tersebesar, karena kota pertama sudah perang habis-habisan. Kita menjangkau masyarakat yang tidak tersentuh oleh pemain-pemain besar, Bayangkan, ada 70 ribi desa, kalau satu desa satu agen maka agen kita udah 70 ribuan," jelasnya.
"Akhir tahun ini, kita mencoba mencapai agen pospay 200 ribu menyasar 1 juta account," tandasnya.
Untuk diketahui, Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-275, PT Pos Indonesia (Persero) memperkenalkan identitas Layanan Digital baru yaitu 'PosAja!' dan Pospay serta meresmikan layanan Contact Center HALO POS 1500161.
Sejumlah layanan tersebut merupakan bentuk komitmen PT Pos Indonesia untuk menghadirkan layanan prima kepada masyarakat, sesuai dengan perkembangan teknologi dan keuangan saat ini.
“Layanan Digital kurir ‘PosAja!’ ini melambangkan visi untuk terus tumbuh (growth), keandalan (speed) dan pilihan terbaik (smart). Mudah diingat, mudah disebut, serta menganut konsep Anak Muda yang Energik, Antusias, Milenial, Modern dan Digital. Sedangkan Pospay merupakan platform digital keuangan PT Pos Indonesia, yang memberi kemudahan bagi masyarakat dalam melakukan berbagai transaksi keuangan,” jelas Faizal Rochmad Djoemadi.
Lebih lanjut Faizal mengungkapkan bahwa “Layanan Digital kurir ‘PosAja!’ merupakan lambang komitmen PT Pos Indonesia (Persero) dalam melayani untuk menyatukan Indonesia dan menjangkau hingga seluruh pelosok nusantara.
“Sebagai identitas baru layanan kurir Pos Indonesia yang merepresentasikan visi Pos Indonesia untuk terus tumbuh dan memberikan layanan yang terbaik bagi seluruh insan bangsa Indonesia. Dengan didukung dengan cakupan ke seluruh pelosok Indonesia dan layanan yang dapat diandalkan, dan berkomitmen untuk terus menyambungkan seluruh nusantara,” imbuhnya.
Aplikasi PosAja! merupakan penyempurnaan dari aplikasi sebelumnya yaitu QPosin Aja. Dengan aplikasi yang lebih user friendly bagi masyarakat diharapkan dapat meningkatkan user experience pengguna. Sebagai informasi, soft launching aplikasi tersebut telah dilakukan pada Selasa (17/8).
Aplikasi digital courier “PosAja!” dapat didownload dan diinstal melalui AppStore dan PlayStore. Dengan melakukan install aplikasi tersebut, masyarakat dapat dengan mudah mengakses layanan kurir PT Pos Indonesia, dari permintaan pick up kiriman hingga jejak lacak kiriman.
Hadirnya Aplikasi Pospay tak lepas dari perkembangan informasi, komunikasi, dan teknologi yang mendorong Pos Indonesia untuk terus berinovasi, salah satunya dalam layanan transaksi keuangan Digital Giro pos. Pospay merupakan aplikasi smartphone bersistem Android dan iOS yang diberikan kepada pelanggan sebagai digital channel untuk mengakses layanan Giropos dan layanan transaksi keuangan lainnya secara mandiri.
Dengan Pospay, pemilik rekening Giropos, dapat mengakses layanan GIropos dan transaksi keuangan, maupun layanan PT Pos Indonesia (Persero) lainnya secara mobile. Untuk dapat mengakses seluruh layanan Pospay, pelanggan hanya perlu mendaftarkan diri melalui aplikasi POSPAY, atau melalui Costumer Service HALO POS 1500 161
“Beragam kemudahan layanan keuangan digital, dapat dinikmati pelanggan pengguna Pospay. Dengan Pospay, pelanggan dapat mengakses layanan Billing Payment terlengkap. Mulai dari pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti listrik pascabayar, pajak, belanja online, tagihan telepon, tagihan handphone, PDAM, cicilan kendaraan bermotor, BPJS, Tiket KAI, bimbel online ruang guru, pembelian pulsa Telco, listrik prabayar/token, dan beragam billing payment lainnya, hingga transaksi layanan syariah seperti zakat, infaq, shodaqoh, wakaf, dan kurban,” jelas Faizal.
Melalui Pospay, pengguna pun dapat mengakses layanan perbankan dan asuransi dengan mudah, aman, dan nyaman. Mulai dari transfer dana rekening giropos ke berbagai rekening bank hingga Rp50.000.000,- rupiah per hari, hingga pengiriman uang melalui layanan Weselpos Instan kepada penerima yang tidak memiliki rekening bank secara real time melalui jaringan Kantor pos di seluruh Indonesia. Bahkan Pospay juga telah bekerja sama dengan seluruh gerai Indomaret dan ATM BCA (Tanpa Kartu) untuk penarikan uang tunai dari saldo rekening Giro pos.
“Kehadiran Pospay juga memudahkan seluruh transaksi dan kebutuhan pekerja migran Indonesia, untuk dapat melakukan transaksi keuangan dari luar negeri ke seluruh transaksi keuangan yang ada di dalam negeri. Sebagai bentuk layanan terbaik PT Pos Indonesia (Persero) dalam membangun bangsa yang lebih berdaya saing dan sejahtera, Pospay memberikan layanan tanpa biaya admin bulanan, maupun bunga simpanan bagi seluruh pengguna Giro pos,” tambahnya.
Fitur lain dalam Aplikasi Pospay adalah scan QR Code Indonesian Standard (QRIS) untuk pembayaran atau pembelian via merchant dan micro payment dengan berbasis rekening Giropos, baik untuk layanan keuangan maupun kurir dan logistik. Pospay melengkapi jaringan dan titik layanan (Point of Sales) PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah tersedia sebelumnya dalam bentuk Kantor pos, Agen pos, Mobile Postal Service (MPS) di seluruh Indonesia.
© Copyright 2024, All Rights Reserved